TWITTER     RSS     FORUM
 

1,5 Persen Penduduk Indonesia Pengguna Narkoba

Oleh: Redaksi

1,5 Persen Penduduk Indonesia Pengguna Narkoba
(ANTARA/ Reno Esnir)
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan, saat ini pengguna narkoba di Indonesia diperkirakan mencapai 1,5 persen dari jumlah total penduduk Indonesia.

"Sedang uang yang digunakan untuk mengkonsumsi narkoba mencapai Rp20 triliun per tahunnya dan diprediksi akan terus meningkat," kata Ketua DPR RI Marzuki Alie pada Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang III tahun sidang 2010-2011, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Untuk mengantisipasinya, DPR RI telah melakukan perubahan atas UU 22/1997 tentang Narkotika yang kini menjadi UU 35/2009 tentang Narkotika.

Perubahan tersebut dikarenakan banyaknya terjadi keterlibatan narapidana dan oknum petugas dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Lembaga Pemasyarakatan (LP).

"Sering ditemukan terjadi pengaturan atau pengendalian narkotika nasional dan internasional di LP, bahkan sudah dapat dikategorikan sebagai kejahatan transnasional yang terorganisasi," kata Marzuki.

UU 35/2009 tentang Narkotika mengatur upaya pemberantasan terhadap tindak pidana narkotika melalui ancaman pidana denda, pidana penjara, pidana seumur hidup dan pidana mati.

"Namun UU tersebut belum mampu mencegah meningkatnya jumlah peredaran, produksi dan penggunaan narkoba di Indonesia," kata Marzuki.

Marzuki menambahkan, perkembangan pengguna narkoba yang terus meningkat sangat mengkhawatirkan serta menjadi ancaman serius bagi kelangsungan umat, utamanya generasi muda.

"Sangat diharapkan adanya penerapan, penegakan hukum yang konsekwen dan meningkatkan pengawasan oleh pemerintah dan masyarakat," kata Marzuki.

Rapat Paripurna hari ini merupakan rapat paripurna penutupan masa sidang III DPR RI.

Agenda Rapat Paripurna ini adalah mendengarkan laporan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) mengenai hasil pembahasan Rancangan Anggaran DPR RI pada 2012 yang dilanjutkan dengan pengambilam keputusan.

Selain itu, rapat paripurna juga akan mendengarkan pidato penutupan masa sidang III tahun sidang 2010 2011.
(zul)

COPYRIGHT © 2011

  Read Our Terms      Print View      Send Friend      Comment      Follow Us On Twitter!

Kesra

GOW Natuna: Peran Perempuan Perlu Ditingkatkan

GOW Natuna: Peran Perempuan Perlu Ditingkatkan
Natuna (Antara Kepri) - Sebagian besar perempuan di Natuna masih berkutat dengan aktivitas menangani urusan-urusan rumah tangga. Fakta ini dilihat dari peran perempuan yang hanya sekian persen dalam ...

Hukum

Kasi Pidum Kejari Karimun Digerebek Warga

Kasi Pidum Kejari Karimun Digerebek Warga
Karimun (Antara Kepri) - Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, LH, digerebek puluhan warga yang menduganya berbuat mesum bersama seorang ...

Politik

Harry Pastikan BPK Lebih Transparan

Harry Pastikan BPK Lebih Transparan
Batam (Antara Kepri) - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan yang baru saja terpilih, Harry Azhar Azis, memastikan BPK lebih transparan di bawah kepemimpinannya."BPK harus transparan, seluruh hasil audit ...

Profil

Situasi Kondusif Berbuah Pesatnya Investasi

Situasi Kondusif Berbuah Pesatnya Investasi
PERAYAAN Hari Ulang Tahun Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau yang ke-15 pada Minggu, 12 Oktober 2014, berlangsung sederhana dan memang tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.Rangkaian ...