TWITTER     RSS     FORUM
 

1,5 Persen Penduduk Indonesia Pengguna Narkoba

Oleh: Redaksi

1,5 Persen Penduduk Indonesia Pengguna Narkoba
(ANTARA/ Reno Esnir)
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan, saat ini pengguna narkoba di Indonesia diperkirakan mencapai 1,5 persen dari jumlah total penduduk Indonesia.

"Sedang uang yang digunakan untuk mengkonsumsi narkoba mencapai Rp20 triliun per tahunnya dan diprediksi akan terus meningkat," kata Ketua DPR RI Marzuki Alie pada Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang III tahun sidang 2010-2011, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Untuk mengantisipasinya, DPR RI telah melakukan perubahan atas UU 22/1997 tentang Narkotika yang kini menjadi UU 35/2009 tentang Narkotika.

Perubahan tersebut dikarenakan banyaknya terjadi keterlibatan narapidana dan oknum petugas dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Lembaga Pemasyarakatan (LP).

"Sering ditemukan terjadi pengaturan atau pengendalian narkotika nasional dan internasional di LP, bahkan sudah dapat dikategorikan sebagai kejahatan transnasional yang terorganisasi," kata Marzuki.

UU 35/2009 tentang Narkotika mengatur upaya pemberantasan terhadap tindak pidana narkotika melalui ancaman pidana denda, pidana penjara, pidana seumur hidup dan pidana mati.

"Namun UU tersebut belum mampu mencegah meningkatnya jumlah peredaran, produksi dan penggunaan narkoba di Indonesia," kata Marzuki.

Marzuki menambahkan, perkembangan pengguna narkoba yang terus meningkat sangat mengkhawatirkan serta menjadi ancaman serius bagi kelangsungan umat, utamanya generasi muda.

"Sangat diharapkan adanya penerapan, penegakan hukum yang konsekwen dan meningkatkan pengawasan oleh pemerintah dan masyarakat," kata Marzuki.

Rapat Paripurna hari ini merupakan rapat paripurna penutupan masa sidang III DPR RI.

Agenda Rapat Paripurna ini adalah mendengarkan laporan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) mengenai hasil pembahasan Rancangan Anggaran DPR RI pada 2012 yang dilanjutkan dengan pengambilam keputusan.

Selain itu, rapat paripurna juga akan mendengarkan pidato penutupan masa sidang III tahun sidang 2010 2011.
(zul)

COPYRIGHT © 2011

  Read Our Terms      Print View      Send Friend      Comment      Follow Us On Twitter!

Hukum

Panwaslu Peringatkan Sanksi Pidana Pelaku Politik Uang

Panwaslu Peringatkan Sanksi Pidana Pelaku Politik Uang
Karimun (Antara Kepri) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, memperingatkan sanksi pidana bagi calon anggota legislatif maupun kader dan simpatisan partai yang melakukan ...

Profil

Anomali Cuaca, Kekeringan dan Kebakaran di Batam

Anomali Cuaca, Kekeringan dan Kebakaran di Batam
"ANAK-anak kami sudah satu bulan tidak mandi. Kami mau wudhu pun susah," kata warga Pulau Panjang Kota Batam, Imat Rahmat mengeluh.Kekeringan tahun ini adalah yang terparah sepanjang hidupnya. ...

Info BP Batam

BP Batam Targetkan Komitmen Investasi 500 Juta Dolar

BP Batam Targetkan Komitmen Investasi 500 Juta Dolar
Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan komitmen investasi asing yang masuk Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam pada 2014 mencapai 500 juta dolar AS."Harapan kami ...

Politik

KPU Karimun Jadwalkan Pleno Rekapitulasi 19 April

KPU Karimun Jadwalkan Pleno Rekapitulasi 19 April
Karimun (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menjadwalkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Legislatif pada 19 April 2014."Sesuai jadwal, ...