Pelabuhan Tanjungsauh Batam Belum Dibangun 2014

id badan,pengusahaan,batam,pada,tahun,2014,belum,akan,membangun,pelabuhan,alih,kapal,tanjungsauh

Pelabuhan Tanjungsauh Batam Belum Dibangun 2014

Logo BP Batam (antarakepri.com)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Batam pada tahun 2014 belum akan membangun Pelabuhan Alih Kapal Tanjungsauh yang dirancang sebagai penghubung Indonesia barat, tengah, dan timur dalam program besar Pendulum Nusantara.
       
"Tahun ini belum masuk tahap fisik. Kami masih fokus menyelesaikan (perluasan-red) Pelabuhan Kargo  Batuampar," kata Kasubdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Sabtu.
       
BP Batam merencanakan pembangunan Pelabuhan Tanjungsauh sebagai pelabuhan utama penunjang "Free Trade Zone" (FTZ) Batam-Bintan- Karimun. Tanjungsauh akan dihubungkan dengan jembatan menuju kawasan Kabil Batam.
       
Pelabuhan tersebut juga direncanakan menjadi salah satu pelabuhan penghubung di Indonesia barat, tengah, timur (Pendulum Nusantara) dengan tujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.
       
"Kementerian terkait sudah menyetujuinya, sekarang sudah diajukan ke Presiden untuk ditandatangani," kata Ilham.
       
Ilham mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan arus barang ekspor impor, pengerjaan Pelabuhan Batuampar akan segera diselesaikan.
       
"Solusinya segera menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Batuampar yang akan memiliki kapasitas 600 ribu TEU's," kata dia.
       
Beberapa bulan yang lalu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida Alisjahbana di Batam mengatakan pembangunan Pelabuhan Tanjungsauh belum masuk program prioritas pemerintah pusat pada 2014.
       
Ia mengatakan Tanjungsauh memang masuk dalam rencana pengembangan FTZ Batam, Bintan dan Karimun, namun belum bisa dibangun segera.
       
Tanjungsauh, kata dia, kelak menjadi pelabuhan penghubung Kawasan Indonesia Barat, Tengah dan Timur dalam proyek Pendulum Nusantara.
       
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Harry Azhar Azis meminta BP Batam mendorong rencana pembangunan Pelabuhan Tanjungsauh berkapasitas empat juta TEU's masuk dalam APBN Perubahan 2014 atau APBN 2015.
       
"Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bapepenas belum memasukkan anggaran tersebut pada APBN 2014 sehingga BP Batam harus mendorong agar masuk dalam APBN Perubahan 2014 atau APBN 2015 agar pembangunannya segera terealisasi," kata Harry di Batam.     
  
Ia mengatakan, akan membantu Bappenas memperhatikan infrastruktur untuk kemajuan ekonomi di Kepri.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE