Lampu Jalan di Natuna Direncanakan Punya Meteran

id Lampu,Jalan,Natuna,Meteran,listrik

Natuna (Antara Kepri) - Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Natuna akan menyeragamkan sistem jaringan untuk lampu penerangan jalan, salah satunya dengan pemasangan meteran di setiap tiang listrik.

"Rencananya dibuat jaringan tunggal, serta ada pengendali box kecil di setiap lampu. Hal ini untuk mempermudah pemeliharaan dan pengecekan," ungkap Sekretaris Distamben, Raja Darmika, Selasa.

Ia menambahkan, pembenahan sistem ini bermanfaat dalam upaya hemat energi. Pada 2014 ini, akan ada penambahan 300 titik lampu penerangan jalan di Bunguran Timur,  Midai, Ranai Sedanau dan Serasan.

"Saat ini, lampu penerangan jalan sistemnya masih beda-beda. Jadi rencananya akan kita samakan. Baru kita masukkan meterisasi sambil disetujui pemeliharaan dengan swakelola," terang dia.

Penyeragaman dan perancangan sistem lampu jalan yang baru ini supaya jika terjadi pemadaman, maka tidak seluruhnya mati.

"Makanya akan kita pakai pola baru, yakni tiap lampu jalan yang gunakan jaringan dipasang meteran. Tidak besar wattnya, serta lebih mudah melakukan pengecekan faktual setiap rekening listrik khusus lampu jalan," jelasnya.

Hal ini cukup masuk akal katanya, sebab, hampir Rp100 juta pengeluaran Pemerintah Kabupaten Natuna setiap bulannya dalam pembayaran tagihan lampu penerangan jalan ke PLN.

"Sebelumnya 'kan ada kenaikan tarif listrik Rp80 juta-an jadi Rp100 juta-an lebih. Sudah saatnya kita lakukan pengelolaan yang efisien. Harus dihemat, selain itu peralatan perbaikan lampu jalan harus dibenahi," pungkasnya. (Antara )

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE