120 Kuliner Diperlombakan di Latma Komodo 2014

id Kuliner,wisata,batam,Latma,Komodo,multilateral,naval,exercise

Batam (Antara Kepri) - Sebanyak 120 jenis kuliner diperlombakan dalam Batam Creativity and Wonderfood Festival 2014, Harbourbay Mal yang diselenggarakan dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 di Batam, Natuna, Anambas.

"Kami ingin memperkenalkan peradaban dan masakan Indonesia utamannya dari Kepri pada seluruh peserta yang berasal dari 18 negara. Selain makanan, ada juga berbagai produk kreatif," kata Ketua panitia, Lisa Anggraeni di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kompetisi produk kuliner yang berasal dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau.

"Total ada sebanyak 60 gerai. Menu yang dilombakan mulai dari menu utama dari berbagai ikan dan hasil laut, kudapan, oleh-oleh, dan minuman," kata dia.

Ia mengatakan juara I akan mendapat hadiah berupa uang Rp5 juta, piagam, dan berbagai hadiah hiburan.

"Selain itu juga akan bertanding dengan chef Angkatan Laut dari 17 negara peserta Latma Komodo dalam acara Battle Chef," kata Lisa.

Yang akan menjadi juri, kata dia, adalah chef dari hotel-hotel bintang 4 dan 5 di Batam yang tergabung dalam asosiasi Restocchas.

"Battle chef diadakan pada Minggu (30/3). Panitia telah menyiapkan hadiah total Rp 22,5 juta dan medali emas, perak, perunggu, untuk juara I, II, dan III," kata dia.

Direktur Latihan Bersama Multilateral Komodo 2014, Laksamana Pertama TNI Amarulla Octavian menyatakan kegiatan Battle Chef tersebut bertujuan memperkenalkan produk makanan berbahan dasar ikan unggulan dari Kepri seperti kerapu, napoleon, kakap.

"Kami ingin memperkenalkan pada seluruh peserta dari berbagai negara bahwa Indonesia dan khususnya Kepri kaya dengan makanan yang bahan bakunya dari laut," kata dia.

Setelah acara usai, kata dia, diharapkan peserta akan menyampaikan pada dunia luas tentang kekayaan alam, kuliner, dan keramahan masyarakat Indonesia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE