Dishub Natuna Fokus Bangun Pelabuhan Perintis

id Dishub, Natuna, Fokus, Bangun, Pelabuhan, Perintis, zam, jambak

Natuna (Antara Kepri) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Natuna, tahun ini fokus terhadap pembangunan pelabuhan untuk kapal perintis. Dana pembangunan pelabuhan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2014.

"Tahun ini, Dinas Perhubungan fokus terhadap pembangunan pelabuhan, yang dananya bersumber dari DAK 2014," ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, Rabu.

Siswandi mengatakan, pelabuhan yang menjadi prioritas tersebut terletak di Kecamatan Midai, Subi, Serasan, Pulau Laut yang dananya berkisar Rp72 miliar.

"Anggaran pembangunan pelabuhan tersebut berkisar Rp72 miliar, yang terdiri dari Rp25 miliar di Serasan, Rp20 miliar di Pulau Laut, Rp10 miliar di Subi, dan di Rp17 miliardi Kecamayan Midai," katanya.

Sedangkan di Ranai, kata Siswandi, yaitu palabuhan Penagi juga menjadi prioritas pada tahun ini, namun anggarannya berasal dari dana APBN. Sebagai mana diketahui, untuk membangun satu pelabuhan saja, menghabiskan dana miliaran rupiah.

"Untuk membangun satu pelabuhan saja, membutuhkan anggaran yang sangat besar, yang mencapai  miliaran rupiah, bahkan hingga puluhan miliar. Sedangkan anggaran dari pemerintah daerah sendiri sangat kecil. Kalau kita berharap dari anggaran pemerintah daerah, dalam satu APBD paling-paling satu pelabuhan," jelasnya.

Maka dari itu katanya, Dinas Perhubungan akan selalu berusaha untuk mencari dan minta bantuan dana, baik dari pemerintah provinsi, maupun dari pusat.

"Kita selalu berusaha dengan segala kemampuan untuk melobi pemerintah provinsi dan pusat agar mau membantu Natuna, terutama terhadap kebutuhan masyarakat, sekarang ini, pelabuhan yang paling dibutuhkan," katanya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE