ASDP Punggur Batam Tidak Berlakukan Jam Keberangkatan

id ASDP,roro,Punggur,Batam,Tidak,Jam,Keberangkatan,mudik,lebaran

Batam (Antara Kepri) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur Batam tidak memberlakukan jam tetap pada setiap kapal "roll on roll off" (roro) yang akan melayani pelayaran Pulau Batam ke Tanjung Uban, Pulau Bintan, mengingat adanya lonjakan pemudik.

"Ada tiga kapal yang melayani rute tersebut. Semua tidak diberlakukan jadwal. Begitu datang dan penuh, kapal langsung diberangkatkan," kata Kepala Cabang ASDP Batam, Dadag Wijanarko di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan, sejak beberapa hari terakhir jelang Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah, sejumlah pemudik yang membawa serta mobil pribadinya sudah memadati dermaga roro Telaga Punggur.

Dadag mencatat, pada 25 Juli penumpang dari Batam tujuan Tanjung Uban mencapai 431 orang, 148 unit motor dan 266 unit kendaraan roda empat.

"Yang biasanya setiap hari masing-masing roro melayani dua trip atau enam kali keberangkatan. Kini rata-rata sudah tiga trip," kata dia.

Ia mengatakan, selain melayani rute Batam-Tanjung Uban, ASDP Telaga Punggur juga melayani rute Batam-Tanjujngbalai Karimun-Buton masing-masing dua kali seminggu.

Batam ke Lingga masing-masing satu kali sepekan dan tidak ada penambahan pelayaran khus menghadapi arus mudik tahun ini.

"Untuk rute Tanjung Uban diperkirakan akan terus mengalami peningkatan hingga Minggu (27/7) esok. Bahkan saat lebaran, diperkirakan penumpang tetap tinggi karena banyak masyarakat Batam ingin mengunjungi saudaranya di Bintan dan sebaliknya dengan membawa serta kendaraan pribadi," kata Dadag.

Ia mengatakan, sejak H-7 juga sudah melarang kendaraan ekspedisi kecuali pengangkut sembako menggunakan jasa penyeberangan roro dari Batam ke Bintan melalui Tanjung Uban atau sebaliknya.

"Kami saat ini fokuskan pada penumpang yang membawa kendaraan pribadi saja agar semua bisa terlayani," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE