Pesawat AS Darati Batam Sebelum ke Cilangkap

id Pesawat,tempur,amerika,AS,Batam,Cilangkap

Batam (Antara Kepri) - Sebuah pesawat patroli intai jenis P-3C Orion milik Amerika Serikat mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, sebelum ambil bagian dalam latihan perang 35 negara di Cilangkap, Jakarta.

"Pesawat tersebut mendarat pada Senin (18/8) pukul 09.41 WIB dari basis udara Amerika Serikat di Kadena, Jepang. Hingga saat ini (Selasa siang) masih berada di sini," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Selasa.

Selain pesawat tersebut, kata dia, di Bandara Internasional Hang Nadim juga ada dua pesawat TNI AL yang juga akan ambil bagian dalam kegiatan yang melibatkan sejumlah negara dan dipusatkan di Cilangkap.

Pesawat milik AL Amerika tersebut diparkir di sisi kanan gedung terminal keberangkatan umum Bandara Internasional Hang Nadim dan berdekatan dengan gedung VIP.

Tepat sebelah kiri pesawat putih yang menggunakan empat baling-baling tersebut juga diparkir dua pesawat  baling-baling milik TNI AL dengan ukuran lebih kecil.

"Pesawat diparkir dan diisikan bahan bakar di sini. Kami belum mendapat konfirmasi sampai kapan berada di Hang Nadim," kata Suwarso.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan bandara tersebut cukup sering menjadi persinggahan pesawat negara lain saat ada kegiatan latihan bersama di Indonesia.

Hang Nadim, kata dia, juga menjadi pangkalan saat kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 yang dipusatkan di Natuna dan Anambas, serta menjadi pangkalan saat TNI AU melakukan latihan bersama dengan melibatkan sejumlah pesawat tempur di Natuna.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam terletak di Pulau Batam yang menjadi kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas.

Bandara tersebut memiliki landasan pacu hingga 4,025 kilometer sehingga memudahkan semua jenis pesawat mendarat, termasuk yang berukuran besar sejenis Air Bus A380. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE