Anugerah Insan Pariwisata Batam

id Anugerah, Insan, Pariwisata, Batam, evy r. syamsir

Batam, 1/9 (Antara) - Pemerintah Kota Batam merangsang pertumbuhan dan kreativitas industri pariwisata dengan memberikan penghargaan dalam beberapa kategori untuk pengiat pariwisata di daerah itu.

"Penghargaan ini sebagai tanda hormat dan kepedulian dari pemerintah kota terhadap para pengiat pariwisata di daerah ini. Dengan adanya pemberian anugerah kami mengharapkan industri pariwisata Batam terus tumbuh dan maju," ujar Wali Kota Batam Ahmad Dahlan saat ditemui usai pemberian Anugerah Insan Pariwisata Batam, Minggu malam.

Dahlan mengakui, pertumbuhan industri pariwisata Batam cukup baik dibuktikan dengan angka kunjungan wisatawan ke daerah itu  berada ditingkat tiga se Indonesia, namun masa tinggal turis masih menjadi kendala utama.

"Turis yang singgah hanya sebentar, inilah yang belum mampu kita garap maksimal jika dibandingkan dengan daerah lain," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Batam, Yusfa Hendri mengatakan sektor  industri pariwisata perlu menjadi perhatian utama pemerintah daerah karena sektor industri ini menghidupkan sektor lainnya seperti perhotelan, transportasi ataupun usaha kecil menengah (UKM).

"Sektor perekonomian baik berupa UKM atau akomodasi perhotelan dan transportasi tidak dapat dipsahkan dari pariwisata. Itu sebabnya melalui Dinas Pariwisata, Pemerintah Kota Batam memberikan penghargaan yang akan berdampak positif dalam industri pariwisata Batam," katanya.

Penghargaan tersebut, lanjut dia,  merupakan komitmen dari Pemerintah Kota Batam dalam membangun idustri pariwisata di daerah yang menjadi beranda NKRI itu.

Ia mengaku, ada 12 nominasi penghargaan yang akan diberikan pada pelaku industri pariwisata baik penyedia akomodasi, transportasi, agen perjalanan, sangar seni, jasa hiburan, golf, pusat perbelanjaan serta pelaku pariwisata lainnya.

Dari 12 kategori nominasi untuk insan pariwisata Batam, pada kategori  usaha penyedia akomodasi perhotelan diraih Swissbell Hotel. Kategori usaha jasa dan minuman diraih Restauran Golden Prawn, untuk kategori pusat perbelanjaan diraih BCS Mall.

Kemudian, kategori travel agent diraih  Nusajaya Indofast, untuk kategori transportasi terpilih Batamfast Ferry, kategori golf diraih Palm Spring, kategori massage dan spa diraih Mustika Ratu. Untuk kategori impresariat yang  merupakan kategori baru yakni  pengelola kegiatan pariwisata diraih
Silhouette Agency Model.

Untuk kategori sanggar tari diraih Sanggar Sri setaman, kategori  terminal terbaik diraih Pelabuhan Internasional Sekupang dan anugerah resort terbaik diterima Turi Beach Resort.

Selain 12 kategori penghargaan untuk industri pariwisata, juga diberi penghargaan khusus pada 10 orang pelaku atau pengiat  pariwisata Kota Batam.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE