Kemenag Kepri Kumpulkan Rp147.678.000 untuk Palestina

id Kemenag,Kepri,galang,dana,knrp,Palestina

Batam (Antara Kepri) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau mengumpulkan dana kemanusiaan untuk disumbangkan kepada warga Palestina sebanyak Rp147.678.000 dari seluruh jajaran di lingkungan Kemenag Kepri.

Bantuan yang berhasil terkumpul selama dua bulan itu diserahkan Kepala Kanwil Kemenag Kepri Marwin kepada Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP), Jumat, untuk disalurkan ke Palestina.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri Marwin Jamal mengatakan sumbangan itu dikumpulkan sebagai bentuk kesadaran pegawai Kemenag dalam membantu rakyat Palestina.

"Bantuan terkumpul berkat sumbangan seluruh pegawai Kemenag Kepri yang berjumlah 1.025 orang," kata dia.

Selama dua bulan, pimpinan Kanwil Kemenag mengimbau 31 satuan kerja di bawahnya untuk meringankan beban rakyat Palestina.

"Sesama saudara tentu kita juga merasakan apa yang diderita oleh saudara kita, layaknya tubuh yang satu. Ini merupakan bentuk solidaritas sosial," kata Marwin.

Kemenag Kepri memilih menyalurkan bantuan melalui KNRP karena menganggap organisasi itu bisa dipercaya mengantarkan sumbangan kepada yang membutuhkan.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan KNRP. Semoga KNRP dapat meneruskan amanah dengan segera menyalurkan bantuan tersebut secara tepat guna, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah sehingga dapat digunakan dengan baik," kata dia.

Di tempat yang sama, Ketua Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) Kepulauan Riau Bahtiar mengatakan dari banyak institusi yang berdiri di Kepri, baru Kanwil Kemenag yang secara institusional menyerahkan bantuan untuk rakyat Palestina.

Bachtiar berharap langkah Kanwil Kemenag Kepri bisa ditiru instansi pemerintah lainnya.

"Ini menjadi 'uswatun hasanah' yang seharusnya dicontoh oleh instansi yang lain," kata dia.

Hingga saat ini, KNRP sudah menyalurkan bantuan Rp1,1 miliar yang berhasil dikumpulkan dari seluruh masyarakat Kepri.

"Kami sudah menyalurkan pada bulan Juni yang lalu dan akan segera menyalurkan bantuan lagi pada gelombang berikutnya ke Palestina," kata dia.

Bantuan akan diserahkan secara resmi akan diserahkan kepada Pemerintah Palestina secara langsung.

Meskipun saat ini perangan telah usai, namun, kondisi di Palestina masih sangat memprihatinkan, akibat gempuran bom dan lainnya yang ditembakkan tentara Israel ke daerah itu. Sekolah, rumah sakit dan pusat kesehatan serta berbagai fasilitas umum banyak yang hancur.

KNRP akan lebih fokus dalam penyaluran bantuan dalam bentuk berbagai keperluan bidang kesehatan, pendidikan dan pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE