Garuda Pekanbaru dan Jambi Dialihkan ke Batam

id Garuda,penerbangan,pesawat,Pekanbaru,Jambi,Batam,kabut,asap

Batam (Antara Kepri) - Dua Pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta tujuan Pekanbaru dan Jambi terpaksa mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam akibat bandara tujuan diselimuti asap tebal.

"Pagi tadi dua pesawat Garuda Indonesia masing-masing dari Jakarta tujuan Jambi dan Pekanbaru mendarat di Hang Nadim karena alasan keamanan," kata Kepala Keselamatan Penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Indah Irwansyah, Minggu.

Ia mengatakan, pesawat Garuda Indonesia tujuan Pekanbaru mendarat sekitar pukul 08.15 WIB hampir bersamaan dengan pesawat tujuan Jambi.

Setelah menunggu lebih dari empat jam, kata dia, akhirnya pesawat tujuan Pekanbaru diizinkan terbang sekitar pukul 12.30 WIB.

"Untuk tujuan Jambi hingga kini (13.15 WIB) masih berada di Hang Nadim, sementara penumpangnya diperbolehkan masuk ke ruang tunggu bandara," kata Indah.

Maskapai Garuda Indonesia, kata dia, memang menerapkan standar keselamatan lebih tinggi dibanding maskapai yang lain.

"Meskipun maskapai lain bisa mendarat, namun biasanya Garuda menunggu keterangan resmi dari BMKG. Makanya meski penerbangan lain menuju Jambi lancar, Garuda masih menunggu informasi terbaru," kata dia.

Berdasarkan keterangan dari monitor penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim, sejumlah maskapai menunda bahkan membatalkan penerbangan.

Penerbangan yang mengalami penundaan adalah Lion Air JT-237 tujuan Pekanbaru yang seharusnya terbang pukul 09.10 WIB, baru bisa lepas landas pukul 12.45 WIB.

Citilink QG 931 tujuan Palembang yang seharusnya terbang pukul 0 7.30 WIB, hingga pukul 12.45 WIB belum diterbangkan. Tidak ada keterangan dari pihak bandara dalam monitor penerbangan.

Citilink QG 930 dari Palembang tujuan Batam yang seharusnya dijadwalkan mendarat pukul 10.00 WIB, hingga pukul 12.45 WIB juga belum tiba di Hang Nadim.

Selanjutnya penerbangan dari Silangit Sumatera Utara ke Batam oleh Wings Air (IW 1299) yang biasanya mendarat pukul 12.00 WIB dibatalkan.

Pembatalan juga dilakukan pada Penerbangan Lion Air JT 238 dari Batam ke Pekanbaru dengan jadwal pukul 17.45 WIB. Penerbangan Lion Air JT 372 dari Batam ke Jakarta pada pukul 18.25 WIB juga dibatalkan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE