Apindo Kepri Pertimbangkan Gugat UMK Batam

id Apindo,Kepri,Pertimbangan,Gugat,UMK,upah,minimum,Batam

Batam (Antara Kepri) - Asosiasi Pengusaha Indonesia Kepulauan Riau mempertimbangkan untuk menggugat penetapan Upah Minimum Kota Batam 2015 oleh Gubernur Kepri Muhammad Sani karena tidak sesuai dengan aturan mengenai mekanisme perhitungan UMK.

"Sikap kami terhadap SK Gubernur mengenai nilai UMK Batam akan kami konsultasikan dengan tim hukum dan DPN Apindo, apakah mau mencari keadilan lewat jalur hukum atau bagaimana," kata Ketua Apindo Kepri, Cahya di Batam Kepri, Jumat.

Gubernur Kepri Muhammad Sani menetapkan UMK Batam sebanyak Rp2,86 juta, di atas rekomendasi Wali Kota Batam Ahmad Dahlan Rp2,66 juta.

Apindo menyatakan kecewa dengan keputusan Gubernur untuk menaikkan nilai UMK dari yang direkomendasikan Wali Kota Batam.

"Awalnya Pak Gubernur sudah buat pernyataan tidak akan intervensi masalah angka UMK Batam, ternyata Pak Gubernur tetap menetapkan angka lebih tinggi dari apa yang sudah direkomendasi Pak Wali Kota," kata dia.

Padahal dalam surat rekomendasi Wali Kota disebutkan nilai Kebutuhan Hidup Layak Batam Rp2.164.616. Seharusnya keterangan itu bisa dijadikan acuan bagi Gubernur untuk menetapkan UMK di bawah angka yang direkomendasikan Wali Kota.

"Sebagaimana dalam surat rekomendasi dari Pak Wali Kota ke Pak Gubernur, di sana juga sudah jelas menyebutkan nilai KHL dari pemerintah kota adalah Rp2.164.616, angka ini masih jauh di bawah UMK Batam 2014 sebesar Rp2.420.200," kata dia.

Karena nilai KHL di bawah UMK tahun sebelumnya, maka sesuai Inpres dan Permenakertrans seharusnya penetapan UMK Batam 2015  diserahkan ke bipartit, tidak lagi oleh pemerintah daerah, kata Cahya mengingatkan.

Dia juga mempertanyakan besaran selisih antara UMK yang ditetapkan dengan KHL, yaitu 24 persen. Menurut dia, angka itu tidak rasional.

"UMK Batam ditetapkan 24 persen sampai 33 persen di atas KHL, sementara DKI Jakarta hanya menetapkan 6,4 persen di atas KHL. Kok bisa begitu," kata dia.

Sementara itu Gubernur Kepri belum bisa dikonfirmasi mengenai penetapan UMK Batam karena hingga berita ini diturunkan masih berada di Jakarta. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE