Dinas Pariwisata Optimistis Target Kunjungan Wisman Tercapai

id Dinas,Pariwisata,Optimistis,tanjungpinang,karimun,bintan,Target,Kunjungan,kepri,batam,Wisman

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) optimistis target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke daerah itu selama 2014 tercapai.

"Badan Pusat Statistik belum selesai menghitung jumlah wisman yang berkunjung Kepri pada Desember 2014. Tapi kami optimistis target tercapai," kata Kepala Pariwisata Kepri Guntur Sakti di Tanjungpinang, Kamis.

Guntur mengatakan Dinas Pariwisata Kepri menerapkan tiga skema dalam penargetan jumlah wisman yang berkunjung ke Kepri. Tiga skema itu terdiri atas target optimistis, target moderat dan target konstan.

"Target optimistis ditetapkan 2 juta orang, target moderat 1,9 juta orang dan target konstan 1,8 juta orang," katanya.

Pada November 2014 jumlah wisman yang berkunjung ke Batam 1,4 juta orang, melebihi target yang ditetapkan. Dinas Pariwisata menargetkan jumlah wisman yang berkunjung ke Batam sebanyak 1,3 juta.

"Kalau pada Desember 2014, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang, Bintan dan Karimun masing-masing mencapai 100 ribu orang, kami yakin target tercapai. Kami juga yakin jumlah wisman pada Desember lebih ramai karena ada perayaan Natal dan menjelang Tahun Baru," katanya.

Dia mengemukakan wisman yang paling banyak berkunjung ke Kepri berasal dari Singapura. Sedangkan wisatawan kebangsaan Malaysia menempati urusan kedua terbanyak mengunjungi Kepri.

"Kedua negara itu bertetangga dengan Kepri," katanya.

Berdasarkan data, kata dia, wisatawan asal Tiongkok, Korea, India, Filipina dan Jepang yang berkunjung ke Kepri juga naik pada 2014.

"Proyeksi tahun 2015, target optimistis 2,3 juta orang. Dari jumlah itu kami memiliki target optimistis jumlah wisman yang berkunjung ke Batam mencapai 1.696.406 orang," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE