Polda Kepri Siapkan Pengamanan Kehadiran Presiden

id polda,Kepri,Pengamanan,Kehadiran,Presiden,hpn,hari,pers,nasional,batam

Polda Kepri Siapkan Pengamanan Kehadiran Presiden

Batam (Antara Kepri) - Polda Kepulauan Riau menyiapkan pengamanan menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari mendatang.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi seluruh seluruh jajaran mengenai pengamanan wilayah saat kegiatan Presiden di Batam 9 Februari nanti," kata Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono di Batam.

Ia mengatakan, pengamanan wilayah sudah menjadi tugas pokok Polda Kepri meski saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Batam tanggung jawabnya ada pada Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

"Tentu nanti akan ada koordinasi dengan Paspampres. Makanya jauh-jauh hari kami sudah koordinasikan dengan seluruh jajaran untuk mempersiapkan diri melakukan pengamanan sesuai dengan kebutuhan," kata dia.

Hartono mengatakan, selain melibatkan personil dari Polda Kepri, pengamanan juga melibatkan personil yang bertugas di Polresta Barelang Kota Batam, Polres Tanjungpinang dan satuan Brimob.

"Kami juga sudah mendengarkan pemaparan Direktur Lalulintas Polda Kepri mengenai rekayasa lalulintas saat kunjungan Presiden. Semua sudah kami siapan dan tinggal menunggu koordinasi lebih lanjut dengan Paspampres," kata Hartono.

Berkaitan dengan rencana kunjungan Presiden tersebut, kata Hartono, Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari mengimbau masyarakat menjaga keamanan dan kenyamanan Batam dan tidak melakukan tindakan yang merugikan citra Batam.

"Pak Kapolda mengajak semua masyarakat untuk menunjukkan pada daerah lain dan dunia luar bahwa Batam aman. Sehingga agenda Presiden selama di Batam berlangsung lancar sehingga Batam juga tetap kondusif untuk investasi," kata dia.

Jika ada masyarakat yang ingin menyampaikan pendapat dalam bentuk aksi, kata dia, hendaknya dilakukan dengan cara sebagaimana sudah diatur dalam undang-undang.

Sebelumnya, panitia HPN Pusat, Sasongko Tedjo, menyatakan Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan hadir pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2015 yang akan diselenggarakan di Batam pada 9 Februari 2015.

Ia mengatakan kehadiran Presiden Joko Widodo tersebut sesuai dengan jadwal rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2015 di Provinsi Kepri yang digelar pada 1-10 Februari.

"Kehadiran Pak Presiden Joko Widodo sesuai dengan jadwal. Jadi tidak akan ada perubahan rangkaian kegiatan baik di Batam maupun Tanjungpinang," kata dia.

Agenda Hari Pers Nasional 2015 Provinsi Kepulauan Riau adalah Jalan Sehat Jalan Sehat Napak Tilas Raja Ali Kelana pada 1 Februari yang akan digelar di Kota Batam dan Tanjungpinang dengan target 25 ribu peserta.

Selanjutnya Pelatihan Jurnalisme Maritim pada 3 Februari bertempat di Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pameran Pembangunan Kamis, 5-9 Februari 2015 di Tanjung Pinang, Konvensi Bahasa dan Budaya (Menjadikan Penyengat Sebagai Warisan Dunia) pada Jumat 6 Februari di Pulau Penyengat Tanjungpinang dengan peserta Masyarakat Pers, UNESCO, Pakar Bahasa, Masyarakat Melayu seluruh Dunia.

Seminar Konstitusi MPR (6/2), Konvensi Media Massa (lebih lengkap lihat agenda khusus Konvensi) di Harmoni One Batam pada 7 Februari 2015, Bedah Buku HPN di Batam, Pertemuan Forum Pemred dan CAJ (8/2), di Batam, dengan peserta Anggota Forum Pempred, Pempred Malaysia, Menpen Malaysia, CAJ.

Acara Komponen Pers (6/2) di Batam, SPS (7/2) di Harris Hotel Batam, Pesta Rakyat (7/2) di Engku Putri Batam Centre, Media Visit Peserta HPN (8/2) di Singapura, Puncak HPN (9/2) Harmoni One Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE