TPID Dorong Batam Capai Kemandirian Pangan

id tim,pengendali,inflasi,kepri,batam,daerah,TPID,Dorong,Kemandirian,Pangan

Batam (Antara Kepri) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mendorong agar Kota Batam Kepulauan Riau mencapai kemandirian pangan demi menekan inflasi dan agar kota industri itu tidak lagi bergantung pada pasokan bahan makanan dari daerah dan negara lain.

Dewan pengarah TPID Kepri, Gusti Raizal Eka Putra di Batam, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman pangan.

"Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti menanam cabai, berbagai jenis sayuran," kata dia.

Bila masyarakat menanam kebutuhan pangan sendiri, maka belanja ke pasar akan dikurangi, dengan begitu dengan sendirinya akan mendorong turunnya harga.

"Mungkin tidak akan cukup untuk semua, paling tidak, ada sedikit. Cabe misalnya, ada yang ditanam sedikit. Jadi kalau beli tidak terlalu banyak lagi," kata dia.

TPID juga meminta agar Pemerintah Kota bekerja sama dengan BP Batam mendorong petani untuk memanfaatkan lahan kosong, terutama di Pulau Rempang dan Pulau Galang, guna mendorong investasi di sektor pertanian dan peternakan.

"Hal itu merupakan langkah awal yang krusial dalam upaya pemenuhan kebutuhan bahan pangan secara mandiri," kata Gusti yang juga Kepala Bank Indonesia Kepri.

Di tempat yang sama, anggota TPID perwakilan dari Pemkot Batam, Syuzairi mengatakan TPID mendorong kerja sama langsung antar daerah yang melibatkan beberapa pemantu kepentingan seperti pengusaha dan lainnya.

Kerja sama itu guna memastikan kecukupan pasokan kebutuhan serta memangkas biaya akibat ketidakefisienan proses pengadaan stok, terutama komoditas pangan penting daerah seperti beras, daging, telur, sayuran dan bumbu.

"Secara khusus TPID mendorong kerja sama yang lebih erat lagi antara TPID kabupaten kota se-Kepri untuk saling mendukung kelancaran pemenuhan pasokan makanan serta upaya pencapaian kemandirian pangan," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE