Pemprov Pastikan Pendirian Bank Kepri Jalan Terus

id Pemprov,Pendirian,Bank,Kepri

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memastikan rencana pembentukan Bank Kepri terus berjalan, meski kabarnya memang tidak terdengar selama beberapa bulan terakhir.

"Bank Kepri jalan terus, tidak berhenti," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri Syamsul Bahrum di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan kajian akademis pendirian Bank Kepri sudah selesai. Dan hasilnya pun positif untuk kelanjutan pendirian bank.

Saat ini pihak-pihak terkait, seperti Biro Hukum Pemprov Kepri dan lainnya sedang menindaklanjuti hasil kajian, termasuk menghitung aset dan pasar.

Mengenai modal, ia mengaku belum disiapkan dalam APBD Kepri 2015.

"Kami dudukkan regulasinya dulu. Aturan lembaga, modelnya, menghitung aset yang dipakai, SDM dan lainnya," kata dia.

Ia mengatakan setelah regulasi pendirian Bank Kepri selesai, kemungkinan pemerintah provinsi dan kabupaten kota di Kepri akan menarik modalnya di Bank Riau Kepri untuk dimasukkan dalam modal awal Bank Kepri.

Pemerintah akan mengkaji aset apa saja yang ada di Bank Riau Kepri, termasuk gedung dan Sumber Daya Manusia.

Ia tidak menutup kemungkinan jika nantinya SDM yang kini bekerja di Bank Riau Kepri akan ikut ditarik untuk menyumbangkan tenaga dan pikirannya di Bank Kepri, kelak.

"Dana penyertaan modal akan jadi aset Bank Kepri yang baru, termasuk SDM. SDM di Bank Rikep ke kita. Gedung, lihat apakah gedung aset bersama. Memang butuh waktu," kata dia.

Sementara itu, pada 2013, Gubernur Kepri Muhammad Sani menargetkan Bank Umum Kepri beroperasi 2014.

Bahkan untuk mematangkan rencana, Gubernur Muhammad Sani mengatakan akan mendatangi seluruh Wali Kota dan Bupati pada Maret 2014.

Namun, setelah setahun, belum ada perkembangan berarti mengenai rencana pendirian Bank Kepri, seperti yang diusulkan anggota DPR RI daerah pemilihan Kepri 2009-2014 Harry Azhar Azis (kini anggota BPK). (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE