Enam RS Swasta Kerja Sama BPJS di Batam

id RS,Swasta,rumah,sakit,BPJS,Batam,badan,penyelenggara,jaminan,sosial,kesehatan

Batam (Antara Kepri) - Sebanyak enam rumah sakit swasta yang beroperasi di Kota Batam, Kepulauan Riau, sudah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, sehingga masyarakat pemegang kartu BPJS bisa berobat di rumah sakit itu.

"Peserta BPJS bisa dirujuk di enam rumah sakit swasta yaitu RS Awal Bros, RS Bidan Aini, RS Cassa Medika, RS Elisabeth, RS Budi Kemuliaan dan RS Harapan Bunda," kata Wakil Wali Kota Batam Rudi saat sosialisasi BPJS di Batam, Senin.

Selain enam rumah sakit swasta, peserta BPJS juga dipastikan diterima berobat di dua RS milik pemerintah yaitu RS Umum Daerah Embung Fatimah dan RS Otorita Batam (BP Batam).

Pemerintah akan terus mendorong agar rumah sakit swasta lain dapat bekerja sama dengan BPJS demi pelayanan kesehatan maksimal kepada warga kota.

Kepada warga Kecamatan Batuampar, Wali Kota mengingatkan bahwa program BPJS Kesehatan adalah program pemerintah pusat, sehingga untuk pelaksanaan dan proses pengurusan kartu tidak di bawah kendali Pemerintah Kota Batam.

Namun, kata dia, Pemkot berkewajiban untuk membayarkan premi asuransi warga tidak mampu.

"Dan selaku pemerintah, Saya sekaligus mengemban amanah sebagai Ketua Pengentasan Kemiskinan Dan Kesejahteraan Kota, tetap akan berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat di Kota Batam dalam pengurusan BPJS Kesehatan atau dokumen-dokumen lainnya," kata dia.

Kepada masyarakat yang belum mendapatkan kartu BPJS, pemerintah akan berupaya untuk mendahulukannya.

Camat Batuampar Leo Putra menyampaikan masyarakat Batuampar sangat antusias dan menyambut baik program BPJS oleh pemerintah.

"Ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir yaitu lebih kurang 1.200 orang," kata dia.

Ia berharap program BPJS bisa berlanjut demi membantu kesehatan masyarakat tidak mampu," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE