Rialis dan Ramah Optimistis Nomor Bawa Kemenangan

id Rialis,pasangan,Ramah,Nomor,pilkada,calon,wali,kota,batam,Kemenangan

Rialis dan Ramah Optimistis Nomor Bawa Kemenangan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (antaranews.com)

Ada dua tahap undian, pertama untuk menentukan pengambilan nomor awal atau akhir. Ketika pasangan dapat undian awal, maka berhak memilih dulu
Batam (Antara Kepri) - Dua peserta pilkada Kota Batam masing-masing Ria Saptarika-Sulistyana (Rialis), dan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad (Ramah) sama-sama optimistis menang dengan berbekal nomor urut yang diperoleh melalui pengundian.

Pasangan Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad memperoleh nomor urut 1, serta Ria Saptarika dan Sulistyana mendapatkan nomor urut 2 berdasarkan hasil undian yang ditetapkan Komisi pemilihan Umu Kota Batam, Selasa..

"Semua yang di depan itu nomor 1, ini Allah yang menentukan," kata calon wali kota petahana Muhammad Rudi.

Menurut dia, nomor urut 1 mengindikasikan pasangan Ramah berada di depan pasangan yang lain.

Ditanya mengenai laporan dana awal kampanye, ia mengatakan belum ada dana khusus. Rudi pun menolak menyebutkan besaran yang dipersiapkan.

"Berapa saja, sesuai kebutuhan di lapangan. Saya punya pas-pas saja," kata Rudi.

Di tempat yang sama, calon wali kota lainnya, Ria Saptarika yang memperoleh nomor urut 2 juga menyatakan optimistis menang.

"Angka dua jari itu merupakan lambang kemenangan atau 'victory', juga lambang perdamaian," kata dia.

Dia juga optimistis nomor dua memberikan keberkahan tersendiri, karena Joko Widodo juga dulu mendapatkan nomor urut 2 dalam Pemilu Presiden 2014.

Sementara itu, Ketua KPU Batam Agus Setiawan menyatakan pengundian nomor urut dilakukan dengan adil, jujur dan terbuka.

KPU, kata dia, sangat berhati-hati dalam mengadakan pengundian nomor urut, karena hanya ada dua calon. Jika salah dalam proses pengundian, maka KPU khawatir dituding berpihak.

Makanya, KPU memberlakukan dua kali pengundian nomor. Yang pertama kali untuk menetapkan siapa yang mengambil nomor urut, kemudian disusul langsung dengan pengambilan nomor urut sebenarnya.

"Ada dua tahap undian, pertama untuk menentukan pengambilan nomor awal atau akhir. Ketika pasangan dapat undian awal, maka berhak memilih dulu," kata Ketua KPU.

Pilkada Batam diikuti dua pasangan calon. Ramah diusung oleh Partai Demokrat, PKPI, Partai Hanura dan Partai Gerindra serta didukung PKS, PKB dan Partai Nasdem. Sedangkan  Rialis diusung PDIP dan PAN. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE