Harga Daging Sapi Batam Rp83.000/Kg

id harga,daging,sapi,batam

Batam (Antara Kepri) - Harga daging sapi beku di pasar tradisional Kota Batam menjelang Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah berkisar Rp83.000-Rp90.000 per kilogram.
        
"Yang es (beku) harganya Rp83-90 ribu per kilogram. Untuk yang segar Rp130 ribu per kilogram," kata seorang pedagang di Pasar Botania, Anto di Batam, Jumat.
        
Untuk daging segar, kata dia, berasal dari tempat pemotongan Hewan seiteming Kota Batam. Untuk yang beku, pedagang tidak mengetahui dari mana didatangkan oleh pemasok.
        
"Yang jelas setiap hari disetor ke kami dari gudang. Untuk asal usulnya kami tidak tahu," kata dia.
        
Ia mengatakan, keterbatasan pasokan daging segar membuat mereka lebih banyak menjual daging beku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
        
Pedagang mengharapkan agar pemerintah pusat dan daerah bisa mengucurkan anggaran yang lebih besar bagi peternak sapi Batam, agar ketergantungan impor sapi bisa dihilangkan.
        
Pedagang lain, Hen mengatakan sejak awal Ramdhan harga daging sapi di Batam cenderung stabil baik yang segar maupun beku.
        
"Harganya tidak mengalami perubahan signifikan. Masih segitu-gitu saja," kata dia.
        
Sebelumnya, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mensinyalir sebanyak 10 ton daging sapi ilegal beredar setiap hari di Kota Batam Kepulauan Riau.
        
"Sebanyak 10 ton daging sapi diduga ilegal," kata Kepala KPPU Kantor Perwakilan Daerah Batam, Lukman Sungkar, di Batam, Kamis.
        
KPPU Batam melakukan investigasi peredaran daging sapi di Batam. Dan hasilnya, dari jumlah kebutuhan dan pasokan, terdapat selisih 10 ton daging setiap hari.
        
Berdasarkan data Dinas Kelautan, Perikanan, Peternakan dan Kehutanan Kota Batam 2016 yang diperoleh KPPU KPD Batam, kebutuhan daging sapi setiap harinya mencapai 11,57 ton. Sedangkan pasokan daging hanya 1 ton yang terdiri dari daging potong sebesar 0,56 ton dan daging beku impor sebanyak 0,44 ton.
        
Dari data tersebut diketahui kebutuhan sapi di Kota Batam pada 2016, Januari hingga Agustus, ditopang sapi ilegal sebanyak 91,35 persen.
        
Apalagi, berdasarkan penelusuran tim investigasi KPPU Batam, petugas Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan Kota Batam mengakui bahwa daging yang beredar adalah daging ilegal.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE