Pemkot Batam Gelar Bazar Sembako Murah

id Pemkot,Batam,Gelar,Bazar,Sembako,Murah

Totalnya ada 30.000 paket. Ini sebenarnya masih kurang, karena data jumlah keluarga pra sejahtera ada 39.000 RTS, tapi kemampuan APBD baru segini
Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menggelar bazar sembako murah di seluruh kecamatan untuk membantu masyarakat kurang mampu memenuhi kebutuhan di akhir tahun.

"Kami menyebar 15.000 paket sembako murah untuk masyarakat Rumah Tangga Sasaran," kata Wakil Wali Kota Amsakar Achmad usai menghadiri bazar sembako murah di Batam, Selasa.

Sembako yang terdiri dari 5 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir dan 2 liter minyak goreng kemasan plastik itu dijual Rp 50.000 per paket.

Pemkot memberikan subsidi Rp 59.100 untuk setiap paket sembako.

Amsakar menyatakan RTS bazar sembako di tiap kecamatan berbeda, disesuaikan dengan jumlah warga tidak mampu yang tinggal di wilayah itu.

Tiap tahun Pemkot Batam mengadakan dua periode penyelenggaraan bazar sembako, yaitu menjelang Ramadhan dan di akhir tahun. Setiap periode, Pemkot menyebar 15.000 paket.

"Totalnya ada 30.000 paket. Ini sebenarnya masih kurang, karena data jumlah keluarga pra sejahtera ada 39.000 RTS, tapi kemampuan APBD baru segini," kata Amsakar.

Rencananya, Pemkot akan menambah RTS penerima sembako murah pada APBD 2017.

Apalagi, jumlah penduduk miskin di Batam diperkirakan bertambah, sesuai dengan data hasil sensus ekonomi terkini.

"Berdasarkan bocoran hasil Sensus Ekonomi Nasional, jumlah penduduk miskin Batam sudah 45.000. Nanti kami akan 'floating' APBD sejumlah itu, agar bermanfaat," kata Amsakar.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral itu menyatakan ada dua manfaat bazar sembako yang diselenggarakan Pemerintah.

"Pertama, kegiatan dimaksudkan untuk menekan angka kemiskinan dan berkontribusi kepada keluarga pra sejahtera, dan menekan laju inflasi," katanya.

Inflasi menjadi momok bagi pemerintah, karena data itu mencerminkan daya beli masyarakat, jelas Amsakar. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE