Wali Kota Ajak Warga Pulau Kembangkan Pariwisata

id batam,Wali,Kota,Ajak,Warga,Pulau,Pariwisata

Tidak hanya menghias pulau,melainkan juga menyiapkan sumber daya manusia yang sadar wisata
Batam (Antara Kepri) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau, Muhammad Rudi mengajak masyarakat pulau mengembangkan pariwisata bahari yang kaya akan potensial.

"Sekarang saya sedang kembangkan wisata Batam. Dari berbagai negara datang. Kalau cuma Batam yang dikunjungi, Bapak Ibu rugi. Maka kembangkan juga pariwisata pulau," kata Wali Kota saat halal bihalal di Pulau Terong Kecamatan Belakangpadang, akhir pekan.

Saat ini Pemkot tengah membangun berbagai infrastruktur di pulau utama guna menarik lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Wali Kota berharap, setelah pelancong datang ke Batam, maka dapat memperpanjang kunjungannya dengan mengunjungi pulau-pulau penyangga.

Masyarakat yang tinggal di pulau-pulau perlu mengembangkan potensi setempat agar menjadi destinasi wisata selanjutnya.

"Tidak hanya menghias pulau,melainkan juga menyiapkan sumber daya manusia yang sadar wisata," ujar Wali Kota.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan kedatangan wisatawan dengan menjajakan produk sebagai buah tangan.

"Ibu-ibu bisa menciptakan berbagai produk khas yang dapat menjadi buah tangan pengunjung. Kesenian dan pola hidup masyarakat Melayu juga bisa menarik wisatawan," kata dia.

Wali Kota juga meminta masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, khususnya laut, karena bila sudah kotor, maka biaya untuk membersihkannya mahal.

"Orang Malaysia, Singapura, suka lihat laut itu. Jadi jangan lagi buang sampah di laut. Kita tidak punya anggaran untuk membersihkannya," kata Wali Kota.

Selanjutnya, pemerintah akan berupaya mempermudah akses menuju pulau guna mendukung pengembangan pariwisata tersebut.

Pemerintah akan membangun jembatan yang menghubungkan pulau-pulau secara bertahap agar wisatawan yang datang ke Batam bisa mengunjungi pulau melalui jalan darat tanpa harus menyeberang dengan naik kapal kecil atau pompong. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE