Karimun dan Lingga belum punya alat tes PCR COVID-19

id Alat tes PCR

Karimun dan Lingga  belum punya alat tes PCR COVID-19

Warga Tanjungpinang mengikuti tes usap PCR COVID-19. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) TS Arif Fadillah menyoroti masih ada dua kabupaten di daerah itu yang belum memiliki alat tes polymerase chain reaction (PCR) untuk mempercepat pemeriksaan COVID-19 bagi masyarakat.

Arif Fadillah di Tanjungpinang, Rabu menyampaikan dari tujuh kabupaten/kota se Provinsi Kepri, lima di antaranya sudah punya alat tes PCR sendiri, kecuali Kabupaten Karimun dan Kabupaten Lingga.

"Tapi untuk Lingga, alatnya sudah dipesan dan akan ada dalam waktu dua Minggu ini. Tinggal Kabupaten Karimun saja yang kita minta untuk segera menyediakannya," kata Arif.

Arif mengatakan sebelumnya telah ada mesin yang di berikan Pemprov Kepri kepada Kabupaten Karimun, namun dikarenakan tempat dan fasilitas yang masih kurang lengkap sehingga tidak terpenuhi.

Untuk itu, pihaknya mendorong Pemkab Karimun segera melengkapinya agar tersedia alat PCR di daerah tersebut.

Dia katakan selama ini sampel pasien COVID-19 dari Kabupaten Karimun dikirim ke BTKL Batam untuk diperiksa. Bahkan terkadang terjadi keterlambatan keluarnya hasil sampel COVID-19 tersebut.

Dengan adanya alat PCR sendiri di kabupaten/kota, diharapkan dapat mempercepat gerak penanganan COVID-19 di Provinsi Kepri.

"Hingga mempercepat proses pelacakan kontak terhadap pasien terkonfirmasi positif COVID-19," demikian Ansar.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE