Polres Bintan periksa alat keselamatan kapal penumpang

id Polres Bintan periksa kapal penumpang

Polres Bintan periksa alat keselamatan kapal penumpang

Polres Bintan, Polda Kepulauan Riau (Kepri) melakukan pemeriksaan kelayakan dan alat keselamatan kapal penumpang antarpulau di pelabuhan Bulang Linggi pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Kamis (4/4/2024). (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Polres Bintan, Polda Kepulauan Riau (Kepri) melakukan pemeriksaan kelayakan dan alat keselamatan kapal penumpang antarpulau di pos pengamanan pelabuhan Bulang Linggi pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo langsung masuk ke dalam kapal cepat yang sudah mengangkut penumpang untuk memeriksa alat-alat keselamatan seperti pelampung (life jacket), pemadam api dan peralatan keselamatan lainnya.

"Kegiatan pemeriksaan ini bertujuan menjamin keamanan dan keselamatan penumpang mudik Idul Fitri," kata Kapolres Bintan saat meninjau pelayanan mudik di pelabuhan rute Bulang Linggi-Batam, Kamis.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Bintan juga mengimbau kepada pengusaha penyeberangan kapal agar selalu berhati-hati dalam mengemudikan armadanya serta tidak membawa penumpang yang berlebihan.

Ia mengingatkan jika penumpang sudah penuh agar segera diberangkatkan saja dan tidak menunggu waktu jadwal keberangkatannya.

"Ini mengingat arus mudik sudah mulai padat," ujarnya.

Selanjutnya, Kapolres Bintan turut mengingatkan kepada petugas yang berjaga di pos pengamanan mudik supaya aktif memperhatikan arus penyeberangan baik penumpang maupun kendaraan. Kemudian, selalu koordinasi dengan pengelola kapal penyeberangan agar tidak terjadi antrean.

Ia pun meminta kepada personel yang berjaga di pos pengamanan mudik untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Jangan anggap remeh terhadap situasi yang terlihat landai, waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem. Perwira pengendali agar melaporkan secara berjenjang jika ada kejadian menonjol dan tetap jaga kesehatan," ucapnya.

Kapolres Bintan menambahkan bahwa Polri telah menyiapkan strategi pengamanan yang komprehensif, termasuk penempatan personel tambahan di lokasi-lokasi strategis. Selain itu, kerja sama dengan stakeholder terkait juga ditingkatkan untuk memantau dan melaporkan segala aktivitas yang mencurigakan.

Menurutnya keamanan masyarakat selama mudik Idul Fitri menjadi prioritas utama. Pemerintah dan kepolisian perlu mengambil langkah-langkah penting untuk memastikan bahwa perayaan berlangsung dengan aman dan lancar.

"Patroli dan pemeriksaan keamanan di tempat-tempat umum termasuk masjid dan pusat perbelanjaan ditingkatkan agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan tenang dan nyaman," ujarnya.

Kapolres mengutarakan posko pengamanan mudik digelar selama 13 hari, mulai dari tanggal 4 sampai 16 April 2024. Polres Bintan telah menyiapkan sebanyak tujuh pos, antara lain empat pos pengamanan, dua pos pelayanan dan satu pos terpadu yang terletak di pelabuhan ASDP Tanjung Uban.

Polres Bintan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, mengingat masih adanya risiko penyebaran COVID-19.

"Dengan kerja sama dan kewaspadaan bersama, diharapkan Idul Fitri tahun ini dapat berjalan dengan aman, kondusif serta penuh keberkahan," demikian Kapolres Bintan.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE