Wali Kota Rudi imbau ASN berpartisipasi sukseskan Sensus Penduduk 2020

id Kepri,Batam,Sensus penduduk

Wali Kota Rudi imbau ASN berpartisipasi sukseskan Sensus Penduduk 2020

Wali Kota Batam Kepulauan Riau Muhammad Rudi, (ANTARA/ Jessica)

Batam (ANTARA) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau Muhammad Rudi mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) berpartisipasi aktif mensukseskan Sensus Penduduk 2020.

Camat dan Lurah juga diimbau membantu menyebarluaskan informasi dan memastikan warga masyarakat yang terpilih menjadi sampel di wilayahnya untuk mengikuti sensus.

"Pengurus RT/RW agar berpartisipasi aktif dalam mendampingi petugas sensus dan memastikan warga masyarakat yang terpilih menjadi sampel di wilayahnya telah didata dalam Pendataan Long Form SP2020," kata Wali Kota di Batam, Selasa.

Baca juga:
Kegiatan wisata bertajuk MICE di Batam kembali ramai


BP Batam tingkatkan layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar

SP2020 adalah pendataan penduduk Indonesia yang mencakup jumlah penduduk, etnis, agama, pekerjaan, perekonomian dan lain sebagainya, dengan menggunakan metode "long form" yakni pembaruan data penduduk dengan pertanyaan yang lebih detail kepada seluruh responden.

Pendataan Long Form SP2020 dilaksanakan untuk mendapatkan data-data terkait parameter demografi, seperti kelahiran, migrasi dan kematian yang akurat dan lebih lengkap.

Dalam SP2020, pemerintah juga mengumpulkan data mengenai disabilitas, pendidikan, ketenagakerjaan, perumahan dan informasi penting lainnya dengan variabel yang lebih detil agar bisa mencerminkan kondisi riil di masyarakat.

Survey dilaksanakan secara langsung ke setiap rumah oleh petugas BPS Kota Batam pada sampel rumah tangga yang terpilih, sepanjang Mei hingga Juni 2022. 

Baca juga:
Pemkot Batam limpahkan perizinan ke PTSP guna percepatan izin


Tiga tersangka "skimming" Bank Riau Kepri dibawa ke Batam

Ia mengatakan Pemkot Batam mendukung pelaksanaan Pendataan Long Form SP2020 yang ditaja BPS. 

Wali Kota meminta seluruh elemen masyarakat menerima kedatangan petugas survei dengan baik dan dapat memberikan informasi yang diperlukan.

"Mari terima kedatangan petugas sensus di rumah anda," kata Wali Kota.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE