Pemprov Kepri bagikan KTP elektronik warga binaan pada HUT RI

id E-KTP warga binaan

Pemprov Kepri bagikan KTP elektronik warga binaan pada HUT RI

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan KTP elektronik kepada warga binaan di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, Rabu (17/8). ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membagikan KTP elektronik kepada 77 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Tanjungpinang pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

"Undang-Undang mengamanatkan bahwa setiap WNI di usia 17 tahun dan sudah menikah wajib memiliki KTP, tidak terkecuali WBP," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menyerahkan KTP elektronik dalam peringatan HUT RI di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, Rabu.

Ansar menyebutkan, guna mendukung pendataan kependudukan, pihaknya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan Pencatatan Sipil (DPMDDukcapil) Kepri bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) telah melakukan perekaman KTP elektronik bagi WBP.

Baca juga:
Wali Kota Batam pimpin upacara HUT ke-77 RI

DKP Kepri dorong nelayan Natuna ajukan sertifikasi kapal


Kegiatan perekaman KTP elektronik bertujuan memberikan identitas terhadap WBP untuk digunakan sebagai dasar pengurusan administrasi pelayanan publik, seperti kesehatan, ketenagakerjaan, dan hak politik pemilihan umum (Pemilu).

"Kegiatan perekaman KTP elektronik di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang digelar dari 25 hingga 26 Juli 2022 dengan target sasaran 133 WBP," ujar Ansar.

Ansar juga meminta DPMDDukcapil menggesa proses perekaman KTP elektronik bersama lembaga pemasyarakatan lainnya di tingkat kabupaten/kota.

Hal ini, menurutnya, sangat penting dalam mendukung akurasi pendataan pemilih jelang Pemilu Serentak 2024, mulai dari pemilihan presiden (Pilpres), pemilihan legislatif (Pileg) maupun pemilihan kepada daerah (Pilkada).

"Untuk memasukkan ke daftar pemilih, dasarnya adalah suket (surat keterangan) dan KTP elektronik. Nah, warga binaan berhak untuk mencoblos," demikian Ansar.

Baca juga:
Ribuan warga Batam antusias saksikan lomba sampan layar rayakan HUT RI

Singapore International Foundation raih Adinata Award 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE