Ganjar Pranowo sebut "warna" Indonesia ada di tangan para wartawan

id ganjar pranowo,UKW PWI jateng

Ganjar Pranowo sebut "warna" Indonesia ada di tangan para wartawan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-35 PWI Jateng, di Semarang, Rabu (24/8/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut warna Indonesia berada di tangan para wartawan, sehingga keakuratan dan kredibilitas dalam memberikan informasi menjadi ujung tombak perwujudan semangat nasionalisme serta patriotisme.

"Sebenarnya warna cat rumah Indonesia itu yang ngecat ya wartawan. Hari ini ada pesaingnya yaitu media sosial, dimana semua orang bisa memberi informasi dan citizen journalism berkembang," kata Ganjar saat membuka UKW PWI Jateng, di Semarang, Rabu.

Banyaknya media yang ada saat ini, lanjut Ganjar, membuat semua orang dapat menulis, memotret, dan menjadi jurnalis, bahkan membuat televisi sendiri dengan bermodalkan kemauan.

Namun, menurut dia  wartawan memiliki kelebihan karena terikat kode etik jurnalistik, sehingga mendapat kepercayaan masyarakat.

"Namun itu bisa berubah apabila kepercayaan dari masyarakat hilang, artinya uji kompetensi wartawan menjadi penting karena di sana ada regulasi, etika, dan tata cara penulisan. Kredibilitas itu mahal dan kalau itu bisa dijaga, maka rumah Indonesia dengan spirit nasionalisme dan patriotisme akan terbentuk," kata dia.

Ganjar mengaku pernah menemukan media yang kurang memiliki kredibilitas, menayangkan tidak sesuai dengan fakta, bahkan informasi yang ditampilkan tanpa adanya konfirmasi dengan atau wawancara kepada dirinya. Dirinya langsung menayangkan protes ketika itu terjadi.

"Kalau diberitakan beda biasanya saya langsung komplain. Saya kalau komplain langsung telepon pemrednya agar semua jelas, makanya ini kawan-kawan yang uji kompetensi, saya yakin di ruangan ini nilai-nilai itu akan ada sehingga lebih prudent," kata dia.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar sebut warna Indonesia berada di tangan wartawan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE