Minuman olahan buah, sayur dan rempah jadi cendera mata G20 di Bali

id Adem Juices and Smoothies, UMKM, suvenir G20, jus dan smoothie

Minuman olahan buah, sayur dan rempah jadi cendera mata G20 di Bali

Pemilik UMKM Adem Juices and Smoothies Eko Suprato yang usahanya terpilih menjadi suvenir G20 di Denpasar, Rabu (2/11/2022). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

Denpasar (ANTARA) - Minuman olahan buah-buahan, sayuran, dan beragam rempah produksi UMKM asal Bali bernama Adem Juices and Smoothies terpilih sebagai salah satu cendera mata G20 di Bali.

"Saya memilih produk-produk yang mengolah buah, sayur, dan rempah-rempah. Jadi itu tidak semuanya bisa jadi smoothie, ada beberapa yang berupa jus," kata pemilik UMKM Adem Juices and Smoothies Eko Suprato di Denpasar, Rabu.

Eko menceritakan awalnya produk dia yang terpilih menjadi suvenir G20 diikutkan dalam seleksi yang digelar Smesco pada Februari 2022 lalu, ia membawa jus dan smoothie sebagai produk yang sesuai dengan kategori kesehatan karena di dalamnya terkandung jahe dan kunyit.

Terdapat delapan produk jus dan smoothie yang nantinya akan disajikan UMKM milik Eko dari tanggal 10-16 November 2022, namun dengan jumlah yang belum dapat dipastikan dari pihak panitia G20.

"Produknya Plus Booster, Energreen, Just Beet It, Glow, Heavenly, Kale Care, Strawberry Yogurt, dan All Berries," kata Eko menyebutkan delapan jus dan smoothie dengan campuran buah, sayur dan rempah yang akan disajikan kepada delegasi.

Khusus untuk G20, Adem Juices and Smoothies sejak awal memilih produk yang memanfaatkan rempah asli Indonesia. Dua dari delapan produk jus dan smoothie yang dihadirkan merupakan yang terbaru.

"Satu, smoothie tapi lebih banyak serat dan lebih bisa dinikmati karena penggunaan buah-buahan mangga dan nanas yang sudah matang tapi manfaat seratnya lebih tinggi, dan satu lagi penggunaan kunyit dan jeruk, jadi penggunaan dua produk ini produk baru dan memang langsung jadi best seller di sini sehingga kita ajukan ke Smesco jadi salah satu suvenir G20," ujarnya.

Eko menyediakan minuman suvenir bagi delegasi G20 dengan ukuran botol 350 mililiter atau umumnya dijual dengan harga Rp40 ribu. Sementara di dua tokonya, sehari-hari Eko menjual minuman dengan harga Rp15 ribu-Rp99 ribu dalam volume 250 mililiter-1 liter.



 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE