Peringatan! Telkomsel ingatkan jangan unduh berkas .APK

id telkomsel,apk,berkas apk,keamanan siber,.apk,kejahatan siber, penipuan lewat undangan

Peringatan! Telkomsel ingatkan jangan unduh berkas .APK

Ilustrasi kejahatan siber. (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Telkomsel mengingatkan konsumen tidak mengunduh berkas dengan format .APK, yang belakangan ini banyak beredar melalui aplikasi pesan instan, karena berpotensi membahayakan keamanan pengguna.

"Pelanggan Telkomsel diimbau meningkatkan kewaspadaan untuk tidak sembarangan mengunduh file atau mengakses tautan sembarangan dan tidak memiliki kejelasan, jangan segera percaya jika ada penawaran hadiah secara langsung, serta tidak memberikan informasi data pribadi maupun data layanan jasa keuangan seperti perbankan yang bersifat rahasia," kata Wakil Direktur Komunikasi Korporat Telkomsel Saki Hamsat Bramono, dalam siaran pers, Jumat.

Penjahat siber menggunakan metode social engineering (rekayasa sosial) terbaru, yaitu mengirimkan berkas format .APK dengan dalih undangan pernikahan, pengiriman jasa ekspedisi, surat tilang elektronik, tagihan internet sampai lowongan pekerjaan, melalui aplikasi pesan instan.

Telkomsel juga mendapati penjahat siber mengatasnamakan berkas .APK sebagai aplikasi MyTelkomsel fiktif. Penjahat siber biasanya akan meminta korban untuk segera mengunduh berkas itu.

Telkomsel mengatakan mereka tidak pernah meminta kode verifikasi dalam bentuk apapun, termasuk mengirimkan permintaan kepada konsumen untuk mengunduh berkas .APK.

Jika mengunduh berkas .APK itu, maka penjahat siber bisa mendapatkan akses ke data-data yang ada di ponsel korban, seperti foto, video bahkan akses ke akun-akun aplikasi yang ada di ponsel, termasuk layanan perbankan digital atau teknologi finansial.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Telkomsel ingatkan konsumen tidak unduh berkas .APK

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE