Denny Indrayana bantah bocorkan putusan MK soal pemilu

id Denny Indrayana,Putusan MK bocor,sistem pemilu

Denny Indrayana bantah bocorkan putusan MK soal pemilu

Ketua Tim Advokasi Hukum Partai Ummat Denny Indrayana (tengah) saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menyerahkan berkas permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu 2024 di Bawaslu, Jakarta, Jumat (16/12/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Jakarta (ANTARA) - Mantan wakil menteri hukum dan hak asasi manusia Denny Indrayana membantah isu bocornya putusan MK pada perkara Nomor: 114/PUU-XX/2022 terkait gugatan terhadap sistem proporsional terbuka pada UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Tidak ada putusan yang bocor, karena kita semua tahu memang belum ada putusannya," kata Denny dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Denny menjelaskan dirinya memilih frasa "mendapatkan informasi" dan bukan "mendapatkan bocoran". Selain itu, dia mengklaim dirinya menulis "MK akan memutuskan".

"Masih 'akan', belum diputuskan," kata dia.

Denny menegaskan tidak ada pembocoran rahasia negara dalam pesan yang dia sampaikan kepada publik.

Dia menegaskan rahasia putusan MK tentu ada di lembaga tersebut, sementara informasi yang ia peroleh bukan dari lingkungan MK.

"Ini perlu saya tegaskan, supaya tidak ada langkah mubazir melakukan pemeriksaan di lingkungan MK, padahal informasi yang saya dapat bukan dari pihak-pihak di MK," kata dia.

Dalam penjelasannya, Denny juga menyinggung cuitan Menkopolhukam Mahfud MD yang menggunakan frasa "info A1".

Denny meluruskan ia tidak menggunakan istilah "informasi dari A1" karena frasa tersebut mengandung makna informasi rahasia yang sering dari intelijen.

"Saya menggunakan frasa informasi dari 'orang yang sangat saya percaya kredibilitasnya'," kata dia menyanggah.

Denny berharap agar putusan MK tidak mengembalikan sistem pemilu proporsional menjadi tertutup.

Menurut dia, pilihan sistem pemilu legislatif bukan wewenang proses persidangan di MK, melainkan ranah proses legislasi di parlemen.

"Supaya juga putusan yang berpotensi mengubah sistem pemilu di tengah jalan itu tidak menimbulkan kekacauan persiapan pemilu," kata dia.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Denny Indrayana bantah bocorkan putusan MK terkait sistem pemilu

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE