Warga Kota Tanjungpinang gelar lomba permainan tradisional di atas laut

id Hut ri,tanjungpinang,kepri

Warga Kota Tanjungpinang gelar lomba permainan tradisional di atas laut

Lomba tepuk bantal pada acara peringatan HUT ke-78 RI di Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, Kepri, Ahad (20/8/2023). (FOTO ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Warga Kelurahan Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar aneka lomba permainan tradisional yang dipusatkan di kawasan pesisir dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-78 RI.

Lomba-lomba yang digelar tergolong unik karena mengambil lokasi utama di atas permukaan air laut, seperti panjat pinang, sepeda apung, tepuk bantal, hingga tarik tambang menggunakan sampan atau perahu tradisional. Pesertanya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, khususnya memperingati HUT RI," kata Ketua Panitia Penyenggara, Aftrizal di Kampung Bugis, Ahad.

Ia menyebutkan panitia penyelenggara menyiapkan hadiah untuk pemenang satu, dua dan tiga dari tiap-tiap cabang lomba.

Masing-masing pemenang mendapat hadiah hiburan berupa makanan ringan hingga barang-barang perlengkapan dapur.

"Acara ini dapat terselenggara berkat dukungan dan sumbangan dana swadaya dari warga Kampung Bugis," ujarnya.

Ia mengatakan tujuan utama dari kegiatan ini selain memeriahkan perayaan HUT ke-78 RI, juga untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kekompakan antarsesama penduduk sekitarnya.

Warga juga sangat antusias menyaksikan ragam lomba permainan tradisional sejak pagi hingga sore hari. Sorak sorai suara penonton menambah semangat para peserta lomba.

"Tahun ini paling ramai dibanding tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Kegiatan ini ikut berdampak terhadap pedagang di sekitarnya, karena dagangan mereka laris manis dibeli masyarakat yang menonton lomba permainan memeriahkan HUT ke-78 RI.

"Alhamdulillah. Minuman dan makanan laris manis. Lumayan untuk menambah pemasukan sehari-hari," kata Hasan, seorang pedagang rumah makan seafood di Kampung Bugis.

Penyelenggara juga menyiapkan lomba permainan tradisional khususnya anak-anak, seperti makan kerupuk, tangkap lele, pancing paku dalam botol, limba joget dan berhias serta dilanjutkan dengan acara malam hiburan orgen tunggal.
Lomba panjat pinang di atas laut pada acara peringatan HUT ke-78 RI di Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, Kepri, Ahad (20/8/2023). (FOTO ANTARA/Ogen)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE