Pemkab Natuna anggarkan Rp72 juta untuk mengobati hewan ternak di tahun 2024

id Pengadaan obat ternak,kepri,natuna,hewan ternak,pemkab natuna,dana alokasi

Pemkab Natuna anggarkan Rp72 juta untuk mengobati hewan ternak di tahun 2024

Ilustrasi sapi (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau, menganggarkan Rp72 juta Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 untuk pengadaan obat-obatan untuk hewan ternak di daerah itu.
 
Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Natuna Zulfikar di Natuna, Jumat mengatakan, pemberian obat-obatan ke hewan ternak yang sakit di daerah itu merupakan kegiatan rutin dinasnya.
 
Tujuannya adalah untuk menjamin kesehatan hewan ternak milik para peternak di daerah itu. "Nama kegiatannya, penjaminan kesehatan hewan, penutupan dan pembukaan wabah penyakit hewan menular dalam daerah," ucap dia.
 
Ia menjelaskan pada tahun sebelum total anggaran yang di keluarkan untuk kegiatan tersebut mencapai Rp300 juta. "Dari APBD dan dari Dana Alokasi Khusus," jelas dia.
 
Kata dia, pengobatan dan pemeriksaan hewan ternak milik warga dilakukan secara gratis, oleh karena itu para peternak diingatkan untuk menghubungi pihaknya jika mendapati hewan ternak yang sakit.
 
Kepada pemilik ternak ia mengingatkan untuk secara rutin memberikan makanan sehat kepada ternaknya agar tidak mudah terserang penyakit.
 
Ia menambahkan pada tahun 2024 mereka akan melakukan dua kegiatan kegiatan tersebut yakni pengadaan obat-obatan dan bibit sapi.
 
"Silahkan hubungi petugas kami di waktu kerja, mereka akan datang," kata dia.
 
Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut kesehatan ternak di Natuna terjaga dengan baik.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE