BKKBN Kepri kantongi tiga penghargaan di Rakornis di Jakarta

id babinsa, bkkbn kepri,kepri,babinsa kepri,bkkbn,stunting,cegah stunting,Rapat Koordinasi Teknis,rakornis

BKKBN Kepri kantongi tiga penghargaan di Rakornis di Jakarta

Provinsi Kepri menerima 3 Penghargaan Capaian Pelayanan KB dalam Rangka Hari Kartini Tahun 2024 di Jakarta. (ANTARA/ HO-BKKBN Kepri)

Batam (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kepulauan Riau mengantongi tiga penghargaan sekaligus dalam kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kemitraan dan Kick Off Bakti TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024 yang digelar di Jakarta, belum lama ini.

Ketiga penghargaan itu yaitu Pencapaian Terbaik Tingkat Nasional Pelayanan KB, Pencapaian Terbaik II Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), dan Pencapaian Terbaik III Pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP). Ketiga penghargaan itu diberikan dalam rangka Hari Kartini 2024.

Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Rohina dalam keterangan yang diterima di Batam, Selasa, mengungkapkan rasa syukur atas torehan prestasi yang berhasil diraih itu.

"Puji Syukur kepada Allah SWT atas prestasi yang diraih oleh Kepri dalam Pelayanan KB Hari Kartini Tahun 2024. Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, mulai dari jajaran BKKBN Kepri, OPDKB, Penyuluh KB, PLKB, dan tenaga lini lapangan lainnya serta seluruh stakeholder terkait di wilayah Provinsi Kepulauan Riau," kata dia.




Dalam kegiatan itu, Babinsa 02 Tanjung Sari Koramil 05 Belakangpadang Kodim 0316 Batam Sersan Dua Roni Sitorus  turut mendapatkan penghargaan dari BKKBN karena dinilai telah memberikan kontribusi dalam penurunan angka stunting di daerah tempatnya bertugas.
 
Babinsa 02 Tanjung Sari Koramil 05 Belakangpadang Kodim 0316 Batam Sersan Dua Roni Sitorus menyampaikan kesan dalam keterlibatannya pada kegiatan penurunan angka stunting. Ia menyampaikan kesan bersama empat babinsa dari provinsi lainnya, di hadapan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo. (ANTARA/ HO-BKKBN Kepri)
 
Roni terlibat dalam berbagai kegiatan bersama Babinsa, antara lain menyerahkan susu Biostime untuk anak dalam pemantauan khusus, mengantarkan susu, menyerahkan susu, melakukan pendampingan pengecekan kesehatan anak dalam pemantauan khusus, dan melakukan edukasi manfaat susu Biostime kepada masyarakat.

Roni juga melakukan pendataan anak berkebutuhan khusus bersama bidan di puskesmas, penimbangan bayi di posyandu.

"Kekuatan Babinsa dalam penurunan stunting sangat strategis karena ada keterlibatan langsung dari masyarakat. Dengan menjadi pendamping penguatan sistem posyandu, pembinaan terpadu dan kerja sama dengan pihak terkait, kami Babinsa akan tetap semangat mendorong penurunan stunting," kata dia.

Keterlibatan Babinsa turut menurunkan angka stunting di wilayah Kecamatan Belakangpadang, dari sebanyak 18 temuan pada tahun 2023 menjadi 11 temuan pada tahun 2024.

Baca juga: Panglima TNI resmikan rusun untuk personel Kogabwilhan I

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE