Badai Haikui Sebabkan Kepri Hujan

id badai, tropis, haikui, laut, cina, selatan, wilayah, kepulauan, riau

Batam (ANTARA Kepri) - Badai Tropis Haikui di Laut Cina Selatan menyebabkan sebagian besar uap air di sekitarnya ditarik ke daerah tersebut, sehingga Wilayah Kepulauan Riau diprakirakan hujan besar, Selasa.
        
"Badai Tropis Haikui di Laut Cina Selatan menyebabkan sebagian besar uap air di sekitarnya ditarik ke daerah tersebut," kata petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam P Adjie S di Batam.
        
Akibat Badai Tropis Hakui, Wilayah Kepulauan Riau menjadi daerah belokan angin (shearline) dan dengan didukung kelembapan udara cukup tinggi mengakibatkan peluang terbentuknya awan yang dapat menghasilkan hujan cukup besar.
       
Kondisi itu, kata dia, masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara, sedangkan untuk aktivitas kelautan diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang laut yang cukup tinggi serta arus laut yang kuat.
       
Secara detil, ia memprakirakan, cuaca Kota Batam pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 28 kilo meter per jam arah selatan.
       
Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 71 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,8 sampai 1,8 meter.
       
Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Selasa pagi hingga malam. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 25 kilo meter per jam arah tenggara.
       
Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 70 sampai 96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,7 sampai dua meter.   
  
Di Karimun pada Selasa pagi berawan, siang berawan disertai hujan ringan dan berawan pada malam. Kecepatan angin mencapai lima sampai 20 kilometer per jam arah barat selatan.
       
Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 75 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,6 sampai 1,5 meter.
       
Sementara cuaca di Lingga, pada pagi berawan, siang cerah berawan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 20 kilo meter per jam arah tenggara.
       
Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 32 derajat celcius dengan kelembapan 71 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,7 sampai 1,8.
       
Kabupaten Natuna pada Selasa pagi hingga siang berawan dan malam cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 20 kilo meter arah barat daya.
       
Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 33 derajat celcius dengan kelembapan 63 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,7 sampai dua meter.
       
Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Selasa pagi cerah berawan, siang berawan dan malam cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 28 kilo meter arah selatan.
       
Suhu udara Anambas antara 25 sampai 33 derajat celcius dengan kelembapan 58 sampai 87 persen, sedangkan ketinggian gelombang diperkirakan mencapai satu sampai dua meter.(Y011/Y008)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE