Ribuan Warga Karimun Jalan Santai Sambut Muharram

id Warga,Jalan,Santai,Sambut,Muharram,tahun,baru,islam,karimun

Jalan santai itu sehat. Kesehatan adalah modal utama untuk bekerja dan beramal memberikan kontribusi bagi daerah yang sedang membangun
Karimun (Antara Kepri) - Sekitar empat ribuan warga Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengikuti jalan santai menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriah, Minggu.

Jalan santai yang menjadi bagian dari Festival Pekan Muharram tersebut dilepas Bupati Karimun Aunur Rafiq, di Coastal Area, Tanjung Balai Karimun.

Ribuan warga baik dewasa maupun anak-anak, pria dan wanita dari berbagai penjuru kota tumpah ruah memadati ruas jalan Coastal Area yang menjadi pusat kegiatan tersebut. Mereka berjalan menyusuri ruas jalan Coastal Area menuju Tugu MTQ dan kembali ke tempat semula.

Bupati Aunur Rafiq mengungkapkan kegembiraannya dengan ramai dan antusiasnya warga mengikuti jalan santai tersebut. Ia mengatakan, jalan santai merupakan olahraga ringan yang dianjurkan oleh pemerintah daerah kepada masyarakat.

"Jalan santai itu sehat. Kesehatan adalah modal utama untuk bekerja dan beramal memberikan kontribusi bagi daerah yang sedang membangun," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut lebih dari sekadar olahraga, tetapi menjadi ajang silaturrahmi antarwarga sehingga memperkokoh persatuan dan kesatuan dan kekompakan.

"Silaturrahmi yang dijalin terus menerus akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidaritas. Kekompakan dan kebersamaan akan menciptakan situasi yang kondusif dan berdampak pada iklim investasi yang juga kondusif," tuturnya.

Momentum Tahun Baru Islam, lanjut bupati, sangat tepat untuk memperkuat ukhuwah atau persaudaraan sesama warga yang memeluk agama yang sama, maupun berbeda agama dan keyakinan.

"Khusus untuk umat Islam, saya mengajak dan mengimbau agar selalu mengintrospeksi diri sejauhmana amal baik yang telah dilakukan, dan menjadikan hasil introspeksi itu sebagai pedoman untuk berbuat lebih baik lagi pada Tahun Baru 1437 H," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Aunur Rafiq juga mengingatkan peserta jalan santai untuk menjaga kebersihan Coastal Area sebagai ikon Kabupaten Karimun.

"Jaga kebersihan Coastal Area yang dibangun dengan dana yang sangat besar. Kebersihan itu adalah bagian dari keimanan," kata dia.

Jalan santai tersebut ditutup dengan pencabutan undian berhadiah. Panitia pelaksana menyiapkan sejumlah hadiah menarik bagi pemenang, seperti televisi LED, DVD, telepon seluler, sepeda dewasa dan anak-anak serta hadiah "doorprize" lainnya.

Turut serta dalam kegiatan jalan santai tersebut anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) para pejabat pemkab maupun vertikal serta para pegawai pemerintahan. (Antara)

Editor: Johnny Tarigan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE