Penambahan Trip Roro Jagoh-Penarik Tunggu Restu Menhub

id Penambahan,Trip,Roro,Jagoh,Penarik,Tunggu,Restu,Menhub

Penambahan Trip Roro Jagoh-Penarik Tunggu Restu Menhub

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Lingga, Muhammad Rahadi memberikan keterangan pers saat ditemui di kantornya, Rabu (14/12). (Antarakepri/Ardhi)

Pemanfaatan rute ini sangat tinggi. Grafiknya meningkat terus. Pengunanya dari seluruh lapisan masyarakat
Lingga (Antara Kepri) - Penambahan trip kapal Roll On Roll Off (Roro) rute lokal Jagoh-Penarik Kabupuaten Lingga menjadi empat kali dalam sehari pada tahun 2017 mendatang, hanya tinggal menunggu restu dari Kementrian Perhubungan RI.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Lingga, Muhammad Rahadi mengatakan, pihaknya telah menyampaikan usulan tersebut kepada Ditjen Perhubungan Darat (Hubdar) belum lama ini.

"Penyampain secara lisan dan tulisan juga sudah selesai, tinggal menunggu keputusan pihak Kementrian, apakah dikabukan atau tidak," kata dia di Daik Lingga, Rabu.

Menurutnya, sejak fasilitas pelabuhan roro Penarik diresmikan oleh Dirjen Hubdar Pudji Hartanto pada akhir bulan Mei 2016 lalu, grafik pemanfaatan fasilitas oleh masyarakat di dua pulau besar Lingga yang terhubung tersebut terus meningkat.

"Pemanfaatan rute ini sangat tinggi. Grafiknya meningkat terus. Pengunanya dari seluruh lapisan masyarakat. Bahkan fasilitas ini sudah dapat dimanfaatkan sekolah-sekolah untuk perjalanan studi banding antar pulau di Kabupaten Lingga," ungkapnya.

Untuk itu, pemerintah daerah berupaya mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah pusat agar rute penyebrangan ini bisa beroperasi secara rutin setiap hari, mulai dari pagi sampai sore.

"Jadi rencananya kapal ini akan berangkat pulang-pergi pada pagi hari dan pulang-pergi lagi di sore harinya," terang Rahadi.

Sebelum sampai ke tingkat Kementrian, lanjutnya, usulan penambahan trip roro Jagoh-Penatik tersebut juga telah disampaikan kepada pihak Provinsi dan ASDP.

"Pihak Provinsi dan ASDP memberikan kami dukungan penuh untuk penambahan trip rute ini," tuturnya.

Bahkan, kata dia, ASDP sendiri siap menarik armada roro KMP Paray yang sementara ini melayani rute komersil di Bengkalis Riau, untuk di tempatkan khusus pada rute penyebrangan lokal di Kabupaten Lingga tersebut.

"Semuanya kebutuhan penunjangnya sudah kita siapkan, mulai dari sarana pelabuhan hingga calon armada kapalnya. Tinggal keputusan pemberian subsidi saja," ungkapnya lagi.

Dia menambahkan, untuk aktifitas pelayaran ASDP dari dan ke Lingga lainnya pada tahun 2017 juga akan bertambah dengan aktifnya rute pelayaran Kuala Tungkal (Jambi) - Jagoh.

"Kalau untuk Kuala tungkal, akan ada kapal khusus. Pelaksanaannya di tahun 2017 mendatang," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE