Seorang ABK kapal penyelundup minuman beralkohol ditangkap

id Bc kepri,Penyelundupan mikol

Seorang ABK kapal penyelundup minuman beralkohol ditangkap

ABK penyelundup mikol yang diamankan BC Kepri. (Antaranews Kepri/Ist)

ABK yang tidak disebutkan identitasnya itu telah dibawa ke Kanwil Ditjen BC Khusus Kepri di Meral, Kabupaten Karimun untuk proses penyidikan.
Karimun (Antaranews Kepri) - Seorang anak buah kapal (ABK) penyelundup minuman mengandung etil alkohol yang dikandaskan di pesisir Pantai Tanjungsamak, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau pada Minggu (29/7) ditangkap.

"ABK itu melarikan diri ke darat setelah kapal dikandaskan. Dia ditangkap kepolisian di Tanjungsamak dan telah diserahkan kepada kami," kata Humas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau (Kepri) Refly Feller Silalahi, di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Refly menjelaskan, ABK yang ditangkap tersebut merupakan ABK satu dari dua kapal cepat atau "speedboat" yang ditangkap satgas patroli BC 1305 dan BC 1105 pada Minggu (29/7) malam.

ABK yang tidak disebutkan identitasnya itu telah dibawa ke Kanwil Ditjen BC Khusus Kepri di Meral, Kabupaten Karimun untuk proses penyidikan.

Refly menuturkan penangkapan terhadap ABK dua speedboat tersebut sempat diwarnai tembakan peringatan sebanyak tiga kali, namun kedua speedboat tersebut malah makin cepat, dan akhirnya ditemukan setelah dikandaskan pada dua lokasi berbeda.

Satu speedboat dikandaskan di pesisir Pantai Tanjungsamak, Kecamatan Rangsang, dan muatan berupa minuman beralkohol berbagai merek dibuang ke laut oleh pelaku penyelundupan.

"Speedboat ini masih dalam proses penarikan, dan petugas masih mengumpulkan muatan yang dibuang ke laut," katanya lagi.

Speedboat tersebut dicat mirip kapal patroli bea cukai dan memiliki ABK sebanyak 7 orang, 6 ABK lainnya melarikan diri ke hutan Pulau Rangsang dan masih dalam pengejaran petugas.

Sedangkan speedboat kedua ditemukan dalam kondisi dikandaskan di pantai perairan Sungai Kampar. Seluruh ABK melarikan diri, namun muatannya masih utuh dalam kapal.

"Kapal dan muatannya sudah dibawa ke Kanwil BC Kepri," ujarnya. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE