Dokter Puskesmas di Riau meninggal karena tertular COVID-19 dari pasien

id dokter wafat akibat covid,tenaga kesehatan covid,covid riau

Dokter Puskesmas di Riau meninggal karena tertular COVID-19 dari pasien

Isteri dokter Oki Alfin menangis di kursi roda saat melepas jenazah suaminya yang meninggal akibat COVID-19, di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (12/9/2020). Almarhum dokter Oki terpapar Virus Corona dari pasien yang dirawatnya di Puskesmas Gunung Sahilan 1 Kabupaten Kampar, dan kemudian turut menularkan virus ke isterinya. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Dokter Oki Alfin yang wafat akibat COVID-19 di Provinsi Riau dipastikan tertular virus mematikan itu saat merawat pasien di Puskesmas Gunung Sahilan 1 di Kabupaten Kampar.

“Beliau tertular akibat risiko pekerjaan saat melayani pasien suspek (COVID-19) yang sebelum dirawat di rumah sakit, sempat dirawat dokter yang bersangkutan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedi Sambudi saat melepas kepergian jenazah dr Oki Alfin di RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru, Sabtu.

Penyebaran virus corona di Puskesmas tersebut tidak hanya menjangkiti dokter Oki sendiri, ada dua tenaga kesehatan lainnya juga ikut terpapar.

“Di Puskesmas Gunung Sahilan 1 bukan beliau saja, masih ada satu dokter yang sekarang isolasi di Bangkinang dan satu lagi dari tenaga analis,” ujarnya. 

Ia mengatakan Pemkab Kampar sangat kehilangan sosok dokter Oki karena almarhum ditugaskan dalam penanganan COVID-19 mulai dari melacak kontak erat pasien terkonfirmasi hingga melayani pasien suspek atau terduga. 

Dokter Oki Alfin wafat pada usia 29 tahun, meninggalkan seorang isteri dan satu anak. Isteri almarhum juga tertular COVID-19 dan kini masih dirawat, meski begitu anaknya negatif. Sang isteri terlihat sangat sedih karena tidak bisa mengantar jenazah almarhum suaminya ke pemakaman, dan hanya bisa mengantar sampai lorong ruang isolasi Pinere RSUD.

Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi MARS mengatakan dokter muda itu meninggal dunia di ruang isolasi Pinere pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.06 WIB setelah baru satu hari dirawat di tempat itu. Sebelumnya, dr Oki Alfin dirujuk dari RS Aulia Pekanbaru.

“Almarhum sempat dirawat di RS Aulia dan dirujuk dengan kondisi sudah berat,” katanya.

Jenazah dokter dikebumikan di pemakaman keluarganya di Kabupaten Kampar dengan protokol COVID-19. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau, hingga Sabtu siang jumlah nakes di Riau yang terkonfirmasi COVID-19 total ada 199. Mereka tersebar di 46 fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) di 10 kabupaten dan kota. 

Dari jumlah tersebut, nakes yang sudah sembuh dari COVID-19 ada 143 orang atau mencapai 71,9 persen, dan yang meninggal dunia ada dua orang. 

 

Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar