Tidak perlu panik kuota BBM untuk Kepri cukup

id Kuota bbm kepri, pertamina kepri

Tidak perlu panik kuota BBM untuk Kepri cukup

Sejumlah kendaraan mengantre BBM di SPBU Batam, beberapa waktu lalu. (ANTARA/ Teguh Prihatna)

Batam (ANTARA) - Pertamina memastikan kuota jenis bahan bakar minyak tertentu (JBT) dan jenis bahan bakar khusus penugasan (JBKB) untuk wilayah Kepulauan Riau masih mencukupi kebutuhan masyarakat.

Pjs Unit Manajer Comm, Rel & CSR MOR I Pertamina, Muhammad Rum, Sabtu, menyatakan pihaknya berkomitmen menyalurkan BBM di Kepri.

"Selain dengan penambahan pasokan, Pertamina juga memastikan bahwa kuota BBM JBT dan JBKB masih mencukupi," kata dia.

Berdasarkan surat keputusan BPH Migas No.55/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2019 dan No.56/P3JBKP/BPH MIGAS/KOM/2019, kuota Premium untuk wilayah Kepri sebesar 282.387 kilo liter (KL) sedangkan kuota Bio Solar sebanyak 149.663 kl.

Tidak hanya JBT dan JBKB, ia mengatakan bahan bakar berkualitas (BBK) juga selalu tersedia.

"Kami mencatat total realisasi untuk BBM JBT seperti Premium di sepanjang tahun ini berjumlah 184.407 kilo liter (KL). Sedangkan BBM JBKP dengan jenis Bio Solar, tahun ini sudah disalurkan sebanyak 96.438 kilo liter," kata dia

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan, Pertamina mengimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar tentang kelangkaan BBM sehingga membeli BBM melebihi kebutuhan.

Ia mengajak masyarakat membeli BBM sesuai dengan peruntukkannya, serta menggunakan BBM berkualitas seperti Pertalite dan Pertamax Series untuk bahan bakar bensin, dan untuk BBM jenis diesel menggunakan Dex Series.

"Tidak hanya lebih efisien dan ramah lingkungan, penggunaan BBM berkualitas juga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak bahan kendaraan bermotor (PBBKB) yang disetor Pertamina kepada Pemrov Kepri," kata Muhammad Rum.




 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE