Usulan Batam Jadi Daerah Khusus Perlu Dikaji

id Usulan, Batam, Daerah, Khusus, Perlu,kajian,harry,azhar,azis,ekonomi,industri,anggaran

Batam (ANTARA Kepri) - Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menyatakan perlu kajian mendalam terkait usulan anggota DPR RI Harry Azhar Azis agar Batam dijadikan daerah khusus.

"Saya belum bisa mengatakan setuju atau tidak. Yang jelas perlu kajian khusus dulu kalau Batam mau dijadikan daerah khusus," kata dia di Batam, Senin.

Dahlan mengatakan, banyak pertimbangan bila suatu wilayah akan dijadikan daerah khusus, di antaranya persebaran penduduk dan pendapatan daerah.

"Setidaknya kalau dijadikan Provinsi khusus, Batam harus ada tiga pemerintahan kota atau kabupaten agar bisa menjadikan daerah khusus. Selain itu, butuh juga banyak pegawai lagi untuk menjalankan semua tugas. Apa itu bisa dilakukan di Batam," kata Dahlan.

Selain itu, kata dia, walaupun pertumbuhan ekonomi di Batam bagus namun perlu juga dilakukan kajian dari sisi ekonomi.

Harry Azhar Azis, Senin pagi mengusulkan Kota Batam ditetapkan sebagai daerah khusus seperti DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

"Bentuknya provinsi khusus atau kota khusus, yang mana saja," kata anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kepulauan Riau itu.

Ia mengatakan bahwa Batam perlu mendapat perlakuan khusus karena merupakan daerah dengan pertumbuhan ekonomi tinggi dan berbatasan dengan negara lain.

Penetapan daerah khusus dapat menstimulasi perkembangan Batam menjadi lebih pesat, karena mendapatkan perhatian lebih dan anggaran yang juga tinggi dari APBN.

Menurut dia, penetapan daerah khusus Batam dimungkinkan dengan revisi UU Pemerintah Daerah yang kini sedang digodok.

"Revisi UU Pemerintah Daerah kini sedang pembahasan, nanti saya akan sampaikan ke komisi II," kata Harry.

Batam, kata Wakil Ketua Komisi XI itu, layak mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat karena pertumbuhan ekonominya yang melebihi rata-rata nasional. (KR-LNO/H-KWR)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE