Bupati Karimun Pantau Persediaan Sembako Jelang Lebaran

id Bupati,Karimun,Pantau,Persediaan,Sembako,Lebaran

Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, memantau harga dan persediaan sembako di pasar tradisional Tanjung Balai Karimun untuk mencegah terjadinya kelangkaan menjelang Hari Raya Lebaran 2014.

"Stok sembako cukup. Intinya, masyarakat tidak usah khawatir terjadinya kelangkaan menjelang Lebaran," kata Nurdin di Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Dalam pantauannya di Pasar Puakang Tanjung Balai Karimun, seluruh kebutuhan pokok tersedia dengan jumlah yang cukup. Bahkan ia mengaku menemukan harga sejumlah kebutuhan pokok yang semula mengalami kenaikan, kini mulai turun atau normal.

"Harga telur juga turun, gula pasir dan minyak juga," katanya.

Selain itu, menurut dia, harga daging juga turun dan sayur-mayur tersedia dengan cukup dengan harga normal.

"Sayur-mayur melimpah. Harga turun dan pasokan cukup meski permintaan meningkat. Pedagang juga mengaku tidak rugi, 'kan tinggal menyesuaikan apakah masih stok lama atau baru," katanya.

Penurunan harga beberapa kebutuhan pokok dikarenakan lancarnya jalur distribusi dengan kapal laut, termasuk juga menggunakan kapal roro asal Buton, Riau.

Harga sembako di Kabupaten Karimun sebagai daerah kepulauan dengan 298 pulau kecil dan besar, menurut dia, sangat bergantung pada kelancaran distribusi yang satu-satunya melalui jalur laut.

"Kalau cuaca di laut buruk maka pendistribusian akan terhambat. Kita berharap cuaca baik sehingga pasokan sembako dari Jawa maupun Sumatera lancar," katanya. Ia telah beberapa kali memantau persediaan sembako di Pasar Puakang, Tanjung Balai Karimun.

Nurdin, yang dijadwalkan hendak berangkat menunaikan Ibadah Umrah di Tanah Suci Mekkah, mengimbau para pedagang agar tidak seenaknya menaikkan harga secara sepihak.

"Kalaupun naik, harus wajar sesuai dengan kondisi pasar. Kasihan masyarakat kesulitan karena mahalnya harga sembako," ucapnya.

Ia juga telah menginstruksikan Wakil Bupati Aunur Rafiq untuk memantau harga dan persediaan sembako sepeninggal dirinya menunaikan Ibadah Umrah di Mekkah.

Pada Jumat (18/7), Nurdin juga menggelar rapat dengan Aunur Rafiq dan seluruh anggota forum komunikasi pimpinan daerah untuk berkoordinasi dalam berbagai hal menjelang Lebaran, termasuk masalah sembako.

Sementara itu, pantauan di Pasar Puakang, harga beberapa kebutuhan pokok relatif stabil bahkan beberapa di antaranya turun.

Seorang pedagang Melisa mengatakan harga telur ayam yang semula Rp35.000 per papan isi 30 butir, kini turun menjadi Rp33.000, gula pasir yang semula naik tinggi Rp15.000/kilogram, kini kembali normal pada kisaran Rp10.000 per kilogram, daging sapi segar yang semula Rp130.000/kilogram, kini dijual Rp110.000/kg.

Sedangkan minyak goreng stabil pada kisaran Rp12.000/kg, kacang tanah Rp23.000/kg dan ayam potong Rp35.000. (Antara)

Editor: Chaidar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE