LAZ Dirikan Penerimaan Zakat di Mal

id LAZ,Penerimaan,Zakat,Mal,batam

Batam (Antara Kepri) - Lembaga Amil Zakat Masjid Raya Batam mendirikan sedikitnya 19 anjungan penerimaan zakat fitrah dan berbagai zakat dan sedekah di mal-mal yang tersebar di Kota Batam Kepulauan Riau serta tempat-tempat keramaian lainnya.

Petugas LAZ, Ismail di Batam, Selasa, mengatakan pihaknya sengaja mendirikan anjungan zakat di mal dan di tempat keramaian lainnya, untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

Anjungan-anjungan itu didirikan antara lain di Nagoya Hill, Mega Mal, Kepri Mal, Panbil Mal, Plaza Botania, BCS Mal, Bandara Hang Nadim, Pasar Fanindo, RS Awal Bros, RS BP Batam, DC Mal dan Pelabuhan Internasional Batam Center.

Petugas zakat LAZ Batam, tidak hanya menyalurkan zakat fitrah, melainkan juga zakat mal.

Meskipun berlokasi di mal, namun LAZ juga menerima zakat dalam bentuk beras, sesuai ketentuan syariat, sebanyak 2,5 Kg beras per orang.

"Pengumpulan Zakat Fitrah akan dilakukan hingga malam terakhir ramadhan. Dan sebelum Shalat Idul Fitri semua sudah tersalurkan ke pihak-pihak yang berhak menerima," kata dia.

LAZ Batam sudah mendata fakir miskin, anak yatim, mualaf dan warga yang berhak menerima zakat lainnya di setiap RT/RW di Batam.

LAZ Batam juga menerima masukan dari warga yang mendaftar langsung di Masjid Raya Batam, hingga 23 Juli 2014.

Ia mengatakan LAZ Batam menargetkan sebanyak 3.000 penerima zakat di penjuru kota, dan penyalurannya akan dimulai 25 Juli 2014.

Ismail mengingatkan beberapa macam zakat dan batas minimal harta yang dimiliki untuk menjadi wajib zakat (nisab). Seperti zakat profesi, nisabnya Rp3.541.667 dengan kadar 2,5 persen setiap kali menerima dan zakat emas atau perak dengan nisab 85 gram emas dengan kadar 2,5 persen.

Zakat tabungan, nisabnya 85 gram emas dengan kadar 2,5 persen,  zakat hadiah nisabnya 85 gram emas dengan kadar berupa komisi sebesar 10 persen dan hibah sebesar 20 persen setiap kali menerima. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE