Karimun Peroleh Tambahan Pasokan Bensin untuk Lebaran

id Karimun,Tambahan,Pasokan,Bensin,Lebaran,langka,spbu

Karimun Peroleh Tambahan Pasokan Bensin untuk Lebaran

Ratusan kendaraan roda dua dan empat antre mendapatkan BBM di SPBU Jalan Soekarno Hatta Tanjung Balai Karimun, Sabtu (26/7). (antarakepri.com/Rusdianto)

Karimun (Antara Kepri) - Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, memperoleh tambahan kuota bensin atau premium sebanyak 110 kiloliter untuk mengantisipasi kelangkaan menjelang Lebaran 2014.

"Masyarakat tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan bensin. Pihak Pertamina setuju menambah 110 kiloliter  lagi khusus untuk memenuhi kebutuhan Lebaran," kata Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq di Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Aunur Rafiq menjelaskan, bensin sebanyak 110 kiloliter itu didistribusikan di empat wilayah, yaitu di Pulau Karimun Besar yang terdiri atas empat kecamatan, Karimun, Meral, Tebing dan Meral Barat, dengan jatah 40 kiloliter melalui APMS Kuda Laut Jaya.

Di Kecamatan Kundur sebanyak 20 kiloliter disalurkan melalui agen PT Kundur Mas, di Kundur Barat 30 kiloliter melalui PT Tanjung Berlian Energi dan di Kecamatan Moro sebanyak 20 kiloliter melalui PT Permata Indragiri.

Penambahan kuota itu, menurut dia, disetujui setelah Tim Pengawasan BBM Bersubsidi mengajukan permohonan yang didasari pada survei di lapangan.

"Tujuannya agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan bensin ketika merayakan Lebaran," katanya.

Mengenai kelangkaan bensin sejak tiga hari lalu, ia mengatakan dikarenakan keterlambatan kedatangan kapal pengangkut.

Kapal pengangkut, baik untuk pasokan SPBU maupun APMS, menurut dia, terjebak antrean di depot Pertamina Tanjung Uban. Kapal berangkat pada 19 Juli dan baru dapat mengisi tangki pada 24 Juli.

"Kemarin bensin sudah tersedia di SPBU maupun agen dan pangkalan," katanya.

Keterlambatan kedatangan kapal pengangkut menjadi persoalan utama sering putusnya persediaan bensin di SPBU maupun agen dan pangkalan.

"Bukan penyebab lain, tapi masalah keterlambatan kapal akibat antre di Tanjung Uban dan terkadang terhadang cuaca buruk di laut," katanya.

Pemerintah daerah, menurut dia akan terus memantau persediaan premium agar warga tidak kesulitan dalam merayakan Lebaran.

"Kami yakin kuota tambahan 110 kiloliter cukup selama liburan Idul Fitri," kata dia.

Pantauan Jumat, SPBU Tanjung Balai Karimun, agen, pangkalan dan kios-kios sudah mulai menjual bensin pada Jumat sore. Para pengendara sepeda motor langsung menyerbu beberapa pangkalan BBM untuk mendapatkan bensin.

"Tadi saya keliling, hampir setiap kios dan pangkalan masih tutup. Baru yang ini buka," kata Yati, seorang pengendara pada sebuah pangkalan BBM di Pelipit, Tanjung Balai Karimun. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE