PGN Bangun Pipa Distribusi ke Batuampar

id PGN,Bangun,Pipa,Distribusi,batam,Batuampar,gas,listrik

Batam (Antara Kepri) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU Distribusi Wilayah III membangun pipa penyaluran gas bumi untuk distribusi ke daerah Batuampar Kota Batam, Kepulauan Riau untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat di daerah itu.

"Saat ini kami sedang membangun jaringan pipa distribusi ukuran 10 inci, 8 inci dan 6 inci jalur Baloi hingga ke Batuampar," kata Manager Area PGN Batam Sabaruddin di Batam, Senin.

Jaringan itu merupakan pipa induk yang kemudian akan dibuat beberapa cabang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, industri maupun komersial yang ada di Batuampar dan wilayah sekitar yang dilewati.

Proyek pembangunan jaringan pipa itu dimulai Maret 2014 dan ditargetkan selesai November 2014.

Sabbarudin mengatakan jaringan distribusi gas sepanjang 11 kilometer itu akan menambah jaringan distribusi gas yang sudah ada di Batam.

Sumber gas yang dialirkan ke Batuampar masih berasal dari sumur di Grissik Sumatera Selatan, sama dengan gas yang saat ini didistribusikan PGN ke pelanggan-pelanggan lain di Batam.

Saat ini masih ada sisa gas yang belum terdistribusikan dari kontrak PGN ke perusahaan sumber gas. Dan itu yang dimanfaatkan PGN untuk mengalirkan gas ke dua kawasan galangan kapal.

"Kami bersyukur pembangunan pipa distribusi di Batam terus bertambah. Hal ini sebanding dengan tingginya respon dari masyarakat," tutur dia.

PGN akan terus berusaha mengembangkan jaringan, baik itu untuk industri, komersial dan ke rumah tangga agar lebih banyak yang menikmati energi baik PGN.

Pembangunan jaringan distribusi itu juga bagian dari upaya PGN untuk mendukung program transformasi energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Gas Bumi.

Di Batam, beberapa kawasan industri dan perumahan seperti Perumahan Bida Asri dan Puri Legenda dan Kurnia Djaya Alam, sudah menggunakan jaringan gas PGN.

"Dan ke depan, PGN siap mengembangkan jaringan dan meningkatkan pemanfaatan gas bumi tentunya dengan dukungan masyarakat dan pihak lainnya," tukasnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE