Komisi VIII: JCH Terkendala Visa Bisa Berangkat

id komisi,VIII,dpr,memastikan,seluruh,jamaah,calon,haji,terkendala,visa

Batam (Antara Kepri) - Komisi VIII DPR RI memastikan seluruh jamaah calon haji yang terkendala visa Arab Saudi tetap bisa berangkat menunaikan rukun Islam kelima pada tahun ini.
       
"Mereka tetap akan bisa berangkat tahun ini juga karena namanya sudah terdaftar," kata Ketua Rombongan Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI ke Batam, Ali Yahya, Senin.

Ia mengatakan begitu masalah visa diselesaikan, maka calon haji yang terkendala bisa langsung berangkat menunaikan ibadah ke Tanah Suci.
      
Calon haji itu bisa mutasi ke kloter lain di embarkasi yang sama. Namun, jika seluruh kursi di embarkasi itu sudah terisi, maka akan dipindah ke embarkasi lain.
       
"Kalau bisa embarkasi-nya tetap. Kalau tidak bisa, transfer," kata dia.
       
Sayang, Yahya tidak mengetahui jumlah calon haji yang keberangkatannya ditunda karena masalah visa di seluruh Indonesia.
       
"Informasinya baru dari Batam. Karena kami disebar ke embarkasi-embarkasi di seluruh Indonesia," kata dia.
       
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam, Marwin, mengatakan dua orang asal Tanjungpinang tidak bisa diberangkatkan karena masalah visa.
       
Meski yang terkendala visa hanya dua orang, namun masing-masing pasangannya ikut menunda keberangkatan, demi bisa naik haji berbarengan.
       
Empat orang yang tertunda keberangkatannya yaitu Dedy Haryady dan istrinya Nurmasita serta Dona Arliana dan suaminya Sawalius.
       
"Ada masalah teknis di kedutaan. Sekarang sedang diurus, mudah-mudahan besok selesai," kata dia.
       
Namun, ia belum memastikan waktu keberangkatan keempat calon haji itu.
       
"Bisa bersama Kloter 15 atau 16, kami belum tahu," kata dia.
       
Ia mengatakan sampai saat ini, baru dua orang calon haji Embarkasi Batam yang diketahui memiliki masalah visa. PPIH belum mendata jamaah hingga akhir pemberangkatan, Kloter 18.
       
PPIH Embarkasi Batam memberangkatan 7.808 orang calon haji dari empat provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.
       
Kloter pertama Embarkasi Batam sudah lepas landas menuju Madinah. Sedang JCH kloter ke dua baru tiba di Asrama Haji untuk pengurusan dan persiapan keberangkatan, Selasa (2/9).(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE