Keuangan Anambas Turun Drastis

id Keuangan,anggaran,dana,Anambas,Turun,Drastis,apbd,merosot

Anambas (Antara Kepri) - Keuangan Pemkab Anambas turun drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2015, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, merosot sehingga pada Desember lalu para pegawai di daerah itu tidak menerima tunjangan kesra.

Sebelumnya untuk pegawai golongan III.a mendapatkan tunjangan sebesar Rp.4.900.000 per/bulan selain dilihat dari beban kerja, prestasi kerja belum lagi para PPTK juga mendapatkan tunjangan khusus. Untuk Tahun 2015 ini  biaya makan minum di kantor pun sudah ditiadakan lagi.

Alasan utama karena dana dari pusat belum kunjung turun, seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil Migas (DBH).

"Sekarang ini sulit betul dana, DAK, DAU, DBH tidak turun yang mungkin hanya Dana tunda salur aja, itu berapalah, sekarang untuk biaya sewa kantor pun belum ada," ungkap Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Drs. H. Zukhrin, M.Si saat berbincang-bincang bersama Antara di ruang kerjanya, Senin.

Dia menjelaskan beberapa kegiatan dikantornya pun belum dapat dijalakan karena belum ada dana, "Kegiatan kami belum bisa jalan , mau jalankan tentu pakai Dana , terangnya dia lagi.

Selain itu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Anambas juga mengalami hal yang sama, memang dinas ini harus banyak menyerapkan dana untuk biaya pembangunan, sedangkan tahun ini kegiatan mereka tidak sebanyak ditahun lalu.

"Jangan salah dilihat dari pagu anggarannya yang Rp.300 miliar, itu banyak untuk bayar hutang tahun 2014," ungkap kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH, MM sambil membuka buku agendanya.

Saat ini dikhabarkan banyak pegawai di daerah itu ingin mengajukan permohonan pindah, karena banyak dari mereka merupakan orang pendatang yang diterima bekerja di sana. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE