BP Batam Perpanjang Dermaga Pelabuhan CPO Kabil

id BP,Batam,panjang,Dermaga,Pelabuhan,CPO,Kabil

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas Batam akan memperpanjang dermaga Pelabuhan Minyak Sawit Mentah (CPO) Kabil karena bongkar-muat di lokasi itu semakin meningkat.

"Panjang dermaga akan ditambah 150 mneter karena dari tahun ke tahun jumlah bongkar-muat CPO pada pelabuhan tersebut terus meningkat," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Rabu.

Pelabuhan CPO Kabil adalah salah satu pelabuhan milik BP Batam. 

"Sekarang sudah padat. Jika panjang dermaga tidak ditambah dikawatirkan proses bongkar muat terhambat dan memakan waktu lama karena kapal yang datang harus mengantre lama," kata dia.

Lamanya proses bongkar muat, kata dia, akan berdampak pada tingginya biaya yang harus dikeluarkan dan keterlambatan pengiriman ke sejumlah negara tujuan.

"Pipa dan bak ukuran besar penampung CPO juga terus dibangun, agar kapasitasnya terus bertambah," kata Djoko.

Sebelumnya BP Batam menyebutkan pendanaan untuk infrastruktur pelabuhan hampir mencapai 50 persen dari total anggaran. Pengembangan pelabuhan juga disesuaikan dengan Program Tol Laut  Presiden Joko Widodo.

"Mayoritas untuk infrastruktur pelabuhan cukup besar hampir 50 persen dan sebenarnya pengembangan ini terkait dengan program pemerintah baru mengenai pembangunan tol laut," kata Deputi 3 Bidang Pengusahaan Sarana BP Batam Istono.

Selain pelabuhan Batuampar yang sejak dua tahun terakhir terus dikembangkan, BP Batam juga akan membangun Pelabuhan CPO Kabil dengan penambahan dermaga.

"Anggaran BP Batam pada tahun depan juga mayoritas akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur lain seperti bandara. Pengelolaan Bandara Hang Nadim sudah sepenuhnya berada di tangan BP Batam," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE