Wali Kota Ajak Warga Rangkul Geng Motor

id Wali,batam,Kota,Ajak,Warga,Rangkul,Geng,Motor

Batam (Antara Kepri) - Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Ahmad Dahlan mengajak seluruh warga merangkul remaja yang kini tergabung dalam geng motor agar meninggalkan kegiatan negatif dan mengalihkannya ke positif.

"Masalah geng motor, mereka anak-anak kita juga. Karena itu jangan mengeneralisir, dengan menjauhi mereka. Mereka itu anak kita, cucu kita," kata Wali Kota di Batam, Jumat.

Wali Kota mengaku prihatin atas tingkah laku dan kejahatan yang dibuat oleh anggota geng motor. Apalagi usia pelaku umumnya masih muda. Karenanya ia mendorong masyarakat untuk membantu menyadarkan, bukannya menjauhi.

Jika dijauhi, maka ia khawatir akan membuat remaja itu makin terjerumus pada tindakan negatif, yang merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

"Karena bagaimanapun juga, pelaku geng motor merupakan generasi penerus," kata dia.

Pemkot telah membentuk tim khusus menangani geng motor, termasuk mendekati remaja agar tidak masuk dalam kelompok preman itu.

"Tim jalan terus. Kami kebagian jam malam pelajar, razia jalan terus. Dan kepolisian, baik Polres maupun Polda punya komitmen besar dengan masalah ini," kata Wali Kota.

Selain menyegah remaja terlibat dalam geng motor dan melakukan kegiatan kriminal, tim yang terdiri dari berbagai instansi terkait juga mengadakan berbagai acara dan wadah kreativitas anak muda.

"Penanganan geng motor menjadi tugas bersama. Pemkot, aparat dan masyarakat. Kami akan melibatkan berbagai dinas untuk mengatasi ini semua," kata Wali Kota.

Pada Rabu (4/3) malam, Polresta Barelang bersama Polsek Batam Kota menangkap delapan anggota geng motor, yang semuanya masih berusia belasan tahun.

Bersama tersangka kejahatan itu, polisi menyita empat unit sepeda motor, dua pedang panjang, dua parang, satu ponsel dan tas tangan perempuan beserta domper yang diduga berasal dari rampasan.

Dua dari delapan remaja itu ditembak polisi di bagian kaki karena melawan petugas saat dibekuk. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE