Gerindra Jaring Bakal Calon Bupati Karimun

id Gerindra,Jaring,Bakal,koalisi,Calon,Bupati,Karimun,pilkada

Karimun (Antara Kepri) - Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, mulai membuka penjaringan bakal calon bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah Karimun pada Desember 2015.

"Penjaringan bakal calon bupati kita buka mulai hari ini sampai Senin, 23 Maret mendatang," kata Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati DPC Partai Gerindra Karimun, Darwis di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Darwis mengatakan, penjaringan bakal calon bupati dilakukan secara terbuka dengan memberi kesempatan seluas-luasnya bagi kader partai maupun masyarakat umum.

"Kita tampung siapapun yang berminat untuk mendaftar. Nanti baru kita seleksi sesuai dengan kriteria yang telah digariskan partai," kata dia.

Ia menuturkan, figur yang akan diusung dalam Pilkada nanti setidaknya sosok yang dapat diterima segenap lapisan masyarakat, memiliki nilai jual yang tinggi, rekam jejak yang bersih dari tindak kriminal, korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu mengemban amanat masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Pada intinya, figur yang diusung adalah putra terbaik Karimun, tidak masalah apakah figur itu kader partai atau tidak, yang penting siap menjalankan tugas-tugas pemerintahan," kata dia.

Menurut dia, nama-nama yang masuk dalam penjaringan dan telah melengkapi persyaratan administrasi, nantinya akan dibahas dalam rapat koordinasi cabang yang dihadiri seluruh pimpinan anak cabang (PAC) se-Kabupaten Karimun.

Setiap PAC, menurut dia akan memberikan penilaian dan masukan terhadap figur-figur yang telah mendaftar.

"Dalam rakorcab, nama-nama yang telah mendaftar akan dikerucutkan menjadi beberapa orang untuk selanjutnya direkomendasikan kepada Dewan Pimpinan Pusat. Nanti, DPP yang akan memutuskan figur mana yang akan diusung," kata dia.

Darwis juga mengatakan, Gerindra tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai lain dalam Pilkada.

"Koalisi dengan partai lain bisa saja dilakukan jika memiliki kesamaan visi dan misi. Kita ingin Pilkada kali ini melahirkan pemimpin yang membawa Karimun ke arah yang lebih baik," kata dia.

DPC Gerindra Karimun memiliki tiga dari 30 kursi di DPRD Karimun. Selain Gerindra, partai lain yang memiliki tiga kursi di legislatif antara lain, PKB, Demokrat, Hanura, PDIP dan PKS. (Antara)

Editor: Sri Muryono

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE