Roro Dabosingkep-Batam Berubah Jadwal

id Roro,Dabo,singkep,Batam,Berubah,kapal,penyeberangan,asdp,lingga,Jadwal

Roro Dabosingkep-Batam Berubah Jadwal

Kapal motor penyerebangan atau roro rute Dabosingkep-Batam. (antarakepri.com/Ardhi)

Menurut informasi dari pihak ASDP, jadwal perjalanan roro Singkep-Batam mengalami perubahan, karena subsidi tahun 2015 sudah berakhir
Lingga (Antara Kepri) - Kapal penyeberangan atau roro (Roll on Roll Off) rute Dabo Singkep-Batam mengalami pengurangan jadwal perjalanan menjadi satu kali dalam seminggu.

"Hal itu disebabkan subsidi untuk kapal Roro ASDP itu telah berakhir pada penghujung tahun 2015 lalu," kata Staf Dishubkominfo Lingga Misto di Lingga.

Miston mengatakan, pihaknya telah menerima jadwal perjalanan terbaru dari ASDP.

"Menurut informasi dari pihak ASDP, jadwal perjalanan roro Singkep-Batam mengalami perubahan, karena subsidi tahun 2015 sudah berakhir," kata Misto, yang dihubungi dari Lingga.

Rute itu berubah, dari dua kali seminggu yakni, Selasa malam dan Kamis malam, menjadi satu kali seminggu, yakni hanya berangkat pada Selasa malam saja. Sedangkan untuk rute dari Batam ke Dabo Singkep, pada Sabtu malam.

Untuk rute Dabo Singkep ke Tanjungpinang tidak mengalami perubahan, dimana kapal Roro berangkat dari Singkep pada hari Minggu dan kembali dari Tanjungpinang, hari Senin.

Berkurangnya regulasi perjalanan Roro ke Batam, dikatakan Misto, secara tidak langsung akan berpengaruh pada regulasi keluar masuknya barang dari kedua daerah.

"Secara tidak langsung akan berpengaruh pada regulasi kelauar masuk barang, seperti sembako hingga produk UMKM yang pemasarannya menggunakan akses kapal Roro ini," kata dia.

Sedangakan untuk para penumpang tujuan ke Batam yang selalu ramai setiap tripnya, lanjut Misto, juga akan menerima pengaruh yang sama.

"Roro sudah menjadi transportasi favorit masyarakat. Biayanya jauh lebih murah dari kapal feri regular ke Batam," tuturnya.

Seperti yang terjadi pada hari libur menjelang pergantian tahun baru 2015-2016, jumlah penumpang kapal Roro meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasanya. Meski waktu perjalanannya lebih lama, dibanding kapal regular, namun harganya jauh lebih murah. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE