670 Perusahaan Batam Belum Daftarkan Karyawannya BPJS

id kesehatan,Perusahaan,Batam,Daftar,Karyawan,BPJS,jaminan,sosial

Kami memang masih terkendala untuk memastikan populasi pekerja yang belum ikut program JKN melalui perusahaan. Namun melihat jumlah perusahaannya, tentu angkanya besar
Batam (Antara Kepri) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Batam mencatat hingga akhir 2015 masih sekitar 670 perusahaan belum mendaftarkan karyawanya sebagi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) tersebut.

"Kami berkoordinasi dengan BP Batam, Disperindag, Disnaker Kota Batam dan berbagai lembaga lain untuk mencari data tersebut. Hasilnya, hingga kini sekitar 670 perusahaan di Batam dan Karimun belum ikutkan karyawannya program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan," kata Kepala BPJS Kota Batam yang juga membawahi Kabupaten Karimun, Budi Setiawan di Batam, Sabtu.

Budi mengatakan, perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya tersebut tidak hanya perusahaan kecil. Namun juga perusahaan kelas menengah dan perusahaan besar.

"Kami memang masih terkendala untuk memastikan populasi pekerja yang belum ikut program JKN melalui perusahaan. Namun melihat jumlah perusahaannya, tentu angkanya besar," kata dia.

Sebelumnya Budi juga menyampaikan, sebagian perusahaan memang enggan mengikutkan pekerjanya dengan program JKN dari pemerintah karena menilai program asuransi kesehatan yang diterapkannya jauh lebih baik.

Sebenarnya menurut Budi, hal tersebut tidak bisa menjadi alasan karena program tersebut diatur dalam undang-udang dan bersifat wajib sesuai pasal 14 UU BPJS.

Dalam UU BPJS disebutkan setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS.

"Kami akan berupaya terus agar seluruh pekerja bisa terdaftar sebagai peserta JKN dari BPJS Kesehatan. Karena kesertaannya sudah diatur dan bersifat wajib," kata Budi.

Ia mengatakan pada 2015 capaian kepesertaan di Kota Batam mencapai 801,878 atau 64,90 persen dari 1,235,651 jiwa. Sementara di Karimun mencapai 144,974 atau 51,91 persen dari 279,273 jiwa. Sehingga total peserta hingga akhir 2015 sebanyak 946.852 jiwa baik dari perusahaan, mandiri, maupun penerima manfaat.

Pada 2016 ini pihaknya menargetkan peserta BPJS Kesehatan di Kota Batam mencapai 869.282 orang atau 70,4 persen dari populasi penduduk, sedangkan di Kabupaten Karimun 153.445 peserta atau 54,9 persen. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE