Desa Kelumu Berharap Pemkab Bangun Pelabuhan Penarik

id Desa Kelumu Berharap Pemkab Bangun Pelabuhan Penarik

Desa Kelumu Berharap Pemkab Bangun Pelabuhan Penarik

Pelabuhan sandar perahu sederhana di Dusun Penarik hasil swadaya masyarakat setempat, kini berperan vital sebagai pelabuhan pelayaran lokal antarpulau. (antarakepri.com/Ardhi)

Pj Bupati sudah memberikan sinyal terkait usaha Pemkab membangun pelabuhan yang lebih layak di Penarik
Lingga (Antara Kepri) - Pemerintah Desa Kelumu, Kecamatan Lingga, berharap Pemkab merealisasikan rencana pembangunan pelabuhan sandar perahu di Dusun Penarik pada tahun ini.

Mahadan, Kades Kelumu mengatakan, keberadaan pelabuhan sandar perahu di Dusun Penarik itu sangat vital, karena pelabuhan yang dibangun atas swadaya masyarakat setempat itu, saat ini telah menjadi pelabuhan pelayaran lokal antar pulau.

"Sudah jadi prioritas Desa Kelumu. Tapi kita tunggu Pemkab Lingga yang bangun tahun ini. Kemarin, Pj Bupati sudah memberikan sinyal terkait usaha Pemkab membangun pelabuhan yang lebih layak di Penarik itu," kata dia, di Lingga, Jum'at.

Meskipun saat ini bentuknya sederhana, karena bahan konstruksinya hanya dari kayu-kayu hutan yang berdiameter sekitar 10 Centimeter saja, namun hasil gotong-royong warga hingga berdiri pelantar sepanjang 300 meter itu, telah dinikmati banyak pihak.

Dalam satu harinya, diperkirakan 100 orang ASN dan masyarakat dari Dabosingkep menggunakan akses laut dari Jagoh ke Penarik, untuk sampai ke Daik Lingga.

Keberadaan pelabuhan sandar perahu itu juga, kata Mahadan, telah berhasil menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat.

Untuk itu, Mahadan selaku Kades Kelumu, berharap pemerintah tidak menunda pembanguan pelabuhan yang lebih layak di Dusun Penarik tersebut.

"Kalau Pemkab tidak jadi, kita akan usahakan pelabuhan itu masuk dalam Perdes tahun ini. Kita gunakan ADD atau DD untuk membangunnya. Itu sudah menjadi prioritas," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE